Tahun Ini Dana Desa di Kabupaten Pasuruan Naik, Masyarakat Diminta Awasi Pemanfaatannya

137

Desa-desa di Kabupaten Pasuruan mendapatkan Dana Desa (DD) tahun 2020 lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Total kenaikan DD tahun ini hingga Rp 4 miliar. Pemkab Pasuruan meminta agar masyarakat mengawasi pemanfaatan DD oleh Pemerintahan Desa.

Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Pasuruan, Luly Noermadiono menyampaikan sebanyak Rp 368,7 miliar dialokasikan pemerintah pusat untuk desa-desa di Kabupaten Pasuruan pada 2020.

“Tahun ini anggaran Dana Desa ada kenaikan. Dari sebelumnya Rp 364 miliar, tahun ini menjadi Rp 368,7 miliar. Yang artinya jika diratakan, setiap desa akan memperoleh dana desa hingga Rp 1 miliar lebih,” tandas Luly Noermadiono, Minggu (19/1).

Dari besaran anggaran itu, akan ditambah dengan alokasi anggaran untuk bagi hasil pajak. Dana hasil pajak mengalami peningkatan. Di tahun 2019, bagi hasil pajak mencapai Rp 43,9 miliar, tahun ini naik menjadi Rp 49,1 miliar.

Sedangkan untuk ADD dipastikan tak ada kenaikan. Pada 2019, pemerintah daerah mengalokasikan ADD hingga Rp 148,9 miliar. Nilai tersebut, diyakinkan Luly sama pada 2020. Karena, ADD menyesuaikan kemampuan daerah.

“Untuk ADD tidak ada kenaikan. Tahun ini tetap seperti tahun lalu,” paparnya.

Tentu saja, naiknya DD untuk meningkatkan pembangunan di desa-desa. Dengan demikian, pemerataan pembangunan di desa-desa semakin tercipta.

[Selengkapnya …]