Kabupaten Sidoarjo Mempertahankan Opini WTP ke-7 dari BPK

35

Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Timur, Joko Agus Setyono mengucapkan selamat kepada Kabupaten Sidoarjo yang mampu mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2019.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari BPK atas LKPD tahun 2019 itu, diserahkan Joko Agus Setyono, langsung kepada Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifudin, Senin (29/6) kemarin, di ruang Auditorium Kantor BPK Perwakilan Jawa Timur, di Jalan Raya Juanda, Semambung, Sidoarjo.

“Saya ucapkan selamat kepada Kabupaten Sidoarjo. Karena telah mampu menyusun LKPD yang sesuai standar akuntansi Pemerintah,” katanya, usai seremonial penyerahan opini WTP tersebut.

Dikatakan Joko, mendapatkan opini WTP bagi Pemerintah Daerah, sebetulnya tidak sulit. Namun, semuanya tergantung pada upaya dari Pemerintah Daerah yang bersangkutan.

Asal mereka serius dan benar-benar punya komitmen tinggi dalam mengikuti petunjuk-petunjuk yang sudah diberikan oleh BPK.

“Dibilang sulit tapi tidak, tapi apabila dibilang tidak sulit. Namun Pemerintah Daerah perlu upaya yang serius dan komitmen yang tinggi dan dari semua yang ada di dalam jajaran Pemerintahan Daerah itu, dalam menyusun dan melaporkan keuangan daerah,” tuturnya.

Opini WTP tiap tahun diberikan oleh BPK atas LKPD suatu Pemerintah Daerah yang dievaluasi sudah sesuai dengan standar akuntansi Pemerintah. Dirinya bersyukur, sudah banyak Pemerintah Daerah di Provinsi Jawa Timur yang mampu mempertahankan Opini WTP.

Dalam kesempatan, kemarin, selain Kabupaten Sidoarjo yang menerima WTP, juga ada dari Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Sampang.

Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifudin, merasa terharu. Walau Pemerintah Daerah sedang mengalami musibah, namun semua jajarannya memegang komitmennya sehingga mampu mempertahankan opini WTP dari BPK tersebut sampai tujuh kali berturut-turut.

“Namun semuanya saya ingatkan dan saya minta agar tidak terlena, jangan merasa puas sesaat, harus tetap dan terus instrospeksi diri,” katanya.

Nur Ahmad Syaifudin menginginkan agar Kabupaten Sidoarjo terus mampu mempertahankan opini WTP yang telah diraihnya selama ini. Menurut dirinya, semuanya perlu kekompakan dan kerja tim yang solid.

“Bila ada permasalahan agar dicari solusi terbaiknya, semua rekomendasi BPK harus dijalankan, ini demi kebaikan kita semua,” kata Nur Ahmad Syaifudin, yang juga Wakil Bupati Sidoarjo itu.

[Selengkapnya …]