Kembali Raih Opini WTP, Bupati Bondowoso Puji Kinerja Sekda dan SKPD

345

Pemerintah Kabupaten Bondowoso kembali berhasil meraih penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2014. Penghargaan tersebut merupakan penghargaan yang ketiga kalinya.

Penghargaan ini diserahkan oleh Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Muzakkir, kepada Bupati Bondowoso, Amin Said Husni. Penghargaan WTP yang ketiga kalinya ini, menjadi anugerah sekaligus tantangan yang sangat besar untuk lebih meningkatkan kinerja, sebab mempertahankan bukan hal yang mudah dilakukan.

Bupati Bondowoso, Amin Said Husni, ketika dikonfirmasi di Pendopo Kabupaten Bondowoso mengemukakan bahwa sejak awal, pihaknya sudah menginstruksikan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) H. Hidayat, dan seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar betul-betul cermat dalam mengelola anggaran mulai dari penyusunan anggaran, pelaksanaan, pengawasan, pelaporan, sampai ke pertanggungjawabannya.

“Ya memang tidak mudah. Dari awal sudah saya instruksikan ke Sekda dan seluruh SKPD agar cermat dalam mengelola anggaran serta akuntabel. Nah, akuntabilitas itu harus bisa diukur dengan 3 hal, yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, ketepatan sistem pengendalian intern, dan kepatuhan terhadap peraturan perundangan,” jelas Bupati.

[Selengkapnya …]