Penyelenggaraan Medical Check Up BPK Jawa Timur

346

medcheck-3007091

Surabaya, 30 Juli 2009, BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur melakukan Medical Check Up atau Medcheck untuk Pegawai BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Medcheck ini merupakan kerjasama antara PT. Askes, RS  Puji Rahayu Surabaya dan BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur yang diikuti oleh 13 orang pegawai yang telah berusia 40 tahun keatas.

Medcheck yang dilakukan di Poliklinik Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur Jl. Kendangsari Blok J/I Surabaya dilakukan dengan mengambil sample darah tiap-tiap peserta yang nantinya dilakukan pemeriksaan di laboratorim RS Puji Rahayu Surabaya. Deteksi melalui medical check up ini meliputi pemeriksaan fungsi lemak, fungsi hati, fungsi ginjal dan gula darah. 

Tujuan pelaksanaan MEDCHECK adalah mencegah berkembangnya penyakit, melakukan pengobatan segera,mencegah/menunda komplikasi,memperpanjang usia produktif, meningkatkan kualitas hidup, memperpanjang usia harapan hidup, menghemat biaya pengobatan Penyakit yang bisa dideteksi dengan medhcheck.

Pelaksanaan Medcheck ini mempunyai beberapa keuntungan, antara lain:

  • Bila hasilnya normal : hati senang, pikiran tenang, tubuh semakin bugar dan produktivitas meningkat;
  • Bila ada kelainan dan diagnosis sudah ditegakkan, pengobatan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat, sehingga penyakit dapat segera diatasi;
  • Bila ditemukan kelainan terapi diagnosis belum tegak, maka diperlukan pemeriksaan laboratorium tambahan untuk diagnosis yang lebih pasti.

Sementara itu, bila tidak dilakukan akan menimbulkan kerugian seperti:

  • Kelainan yang ada tidak dapat diketahui secara dini;
  • Saat muncul keluhan, penyakit telah mencapai tahap lanjut pengobatan sulit dan biaya lebih tinggi.

Hasil  dari medical check up yang telah dilakukan   diharapkan dapat memberikan panduan bagi peserta medical check untuk menjalankan pola hidup lebih sehat. (rd)