Peringatan Hari Ibu, Perempuan Didorong Menjadi Agen Perubahan

30

Seiring Peringatan Hari Ibu ke-91 yang jatuh pada tanggal 22 Desember 2019, BPK Jawa Timur menyelenggarakan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh pegawai pada Senin, 23 Desember 2019.

Peringatan Hari Ibu tahun ini mengusung tema utama “Perempuan Berdaya Indonesia Maju”. Tema ini diangkat sebagai titik awal gerakan percepatan pemberdayaan perempuan di berbagai bidang pembangunan serta memberikan perlindungan bagi perempuan. Diharapkan para pemangku kepentingan memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan. Pada akhirnya, perempuan akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan segala potensi dan kemampuannya sebagai agen perubahan (agent of exchange).

Upacara Peringatan Hari Ibu dipimpin oleh Kepala Subauditorat Jawa Timur I Abdul Choliq sebagai inspektur upacara, sedangkan Pengendali Teknis Mochamad Mirza Akbar bertindak sebagai komandan upacara.

Inspektur upacara dalam amanatnya menyampaikan sambutan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati. Selain itu, petugas upacara juga membacakan sejarah singkat Hari Ibu di Indonesia. Hari Ibu oleh bangsa Indonesia tidak hanya untuk menghargai jasa-jasa perempuan sebagai ibu, tetapi juga jasa perempuan secara menyeluruh, baik sebagai ibu, istri, warga negara, warga masyarakat, abdi Tuhan Yang Maha Esa, maupun sebagai pejuang dalam merebut dan mengisi kemerdekaan.

Upacara Peringatan Hari Ibu diharapkan menjadi inspirasi bagi insan perempuan di lingkungan BPK Jawa Timur untuk menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri, dan menjadi kekuatan besar yang memastikan terwujudnya SDM unggul dan berdaya saing.