Pegawai BPK Jawa Timur Ikuti KTF

40

Sebanyak 175 pemeriksa di lingkungan BPK Jawa Timur mengikuti knowledge transfer forum (KTF) yang diselenggarakan oleh Biro Sumber Daya Manusia BPK RI Pusat, Rabu, 27 November 2019. KTF bertujuan memberikan kesempatan kepada pegawai BPK yang mengikuti kursus singkat/tugas belajar untuk membagi pengalaman dan ilmunya kepada pegawai yang lain.

Kegiatan KTF bertempat di Ruang Auditorium BPK Jawa Timur dengan narasumber Kepala Seksi Litbang Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu II Iman Santoso. Dalam KTF ini, narasumber membawakan dua tema, yaitu Investigative Interview Skill dan Risk Assessment on Compliance.

Tema pertama berkaitan dengan seluk beluk wawancara untuk keperluan investigasi. Ilmu ini bisa diaplikasikan para pemeriksa dalam rangka menggali informasi terkait obyek yang diperiksa. Dalam pemaparannya, narasumber menjelaskan beberapa teknik yang digunakan dalam wawancara, antara lain kinesic interview, PEACE interviewing method, dan interview mechanics. Setiap teknik memiliki karakteristik tersendiri yang disesuaikan dengan tujuan wawancara.

Sementara itu, tema kedua membedah tentang manajemen risiko. Selain menjelaskan secara teori, narasumber memberikan contoh penerapan manajemen risiko secara sederhana agar peserta dapat memahami teori yang disampaikan. Manajemen risiko bermanfaat antara lain agar pengambilan keputusan menjadi lebih efektif, serta dapat memunculkan kreativitas dan inovasi dalam praktik manajemen.

Selama pemaparan materi, narasumber berinteraksi secara aktif dengan peserta. Dengan interaksi ini, diharapkan materi KTF dapat dipahami oleh peserta dan diaplikasikan dalam pelaksanaan pekerjaan.