BPK Jawa Timur Terima DPW LIRA Jatim

39

BPK Jawa Timur mendapat kunjungan audiensi dari Dewan Pengurus Wilayah Lumbung Informasi Rakyat (DPW LIRA) Jatim pada Rabu, 6 November 2019. Kunjungan dari lembaga swadaya masyarakat (LSM) ini bertujuan untuk mengenal lebih dekat BPK dan kewenangannya dalam memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab tentang keuangan negara.

Rombongan pengurus LIRA Jatim berjumlah sepuluh orang dan dipimpin langsung oleh Gubernur LIRA Jatim Rosman Ariansyah. Dalam rombongan juga turut hadir Wakil Gubernur LIRA Jatim Ayik Suhaya dan Sekretaris LIRA Jatim Bambang Assraf.

Bertempat di Ruang Siaran Pers, LIRA Jatim diterima oleh Kepala Perwakilan Harry Purwaka dengan didampingi oleh Kepala Sekterariat Perwakilan Pujo Sumekto, Kepala Subauditorat Jawa Timur II Rusdiyanto, serta Kepala Subbagian Humas Shinta Lamria.

Dalam audiensi ini, terlebih dahulu LIRA Jatim memperkenalkan organisasinya beserta jajaran pengurus yang hadir. Sebagai salah satu LSM besar di Indonesia, jaringan LIRA disebut-sebut telah sampai pada tingkat RT/RW di masyarakat. Struktur jaringan yang sampai di tingkat akar rumput ini membuat Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) menobatkan LIRA sebagai LSM yang memiliki cabang terbanyak di Indonesia.

Selain mengenalkan organisasi LIRA, perwakilan LIRA Jatim mengungkapkan bahwa audiensi ini bertujuan mengenal tugas pokok dan cara kerja BPK, khususnya BPK Jawa Timur. “Kami berharap, ke depan dapat terwujud suatu kerja sama yang baik antara LIRA dan BPK Jawa Timur,” ujar Gubernur LIRA Jatim.

Kepala Perwakilan menyambut baik maksud dan tujuan LIRA Jatim. Setelah memaparkan secara singkat tentang organisasi dan struktur pejabat di BPK RI Pusat dan BPK Jawa Timur, Kepala Perwakilan memberikan penjelasan tentang tugas pokok dan kewenangan BPK, yang diperkuat dengan penjelasan tentang detail teknis pemeriksaan oleh Kepala Sekretariat dan Kepala Subauditorat Jawa Timur II. Kepala Perwakilan juga menyebut bahwa hasil pemeriksaan BPK yang sudah diserahkan ke DPRD terbuka untuk publik. “Masyarakat yang ingin mengetahuinya, bisa datang ke kantor kami ataupun mengajukan permohonan melalui e-PPID dan memperoleh laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK dengan mengikuti prosedur dan persyaratan yang ditentukan,” jelas Kepala Perwakilan.

Audiensi berlangsung dalam suasana kekeluargaan. Perwakilan LIRA beberapa kali melontarkan pertanyaan terkait hasil pemeriksaan BPK dan ditanggapi dengan lugas oleh pejabat BPK Jawa Timur. Audiensi LIRA Jatim diakhiri dengan pertukaran cendera mata dan foto bersama.