Upacara Peringatan Hari Pahlawan

41

Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong,

Tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa bangsa kita sendiri

Pesan pahlawan nasional Mohammad Yamin itu seolah mengingatkan kepada generasi masa kini untuk terus menjaga semangat persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang telah diperjuangkan para pahlawan dengan pengorbanan tenaga, harta, dan nyawa.

Memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 2019, BPK Jawa Timur menyelenggarakan upacara bendera pada Senin, 11 November 2019. Hari Pahlawan mengingatkan kembali kepada peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya ketika rakyat dari berbagai latar belakang agama, suku, dan golongan bersatu padu melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasannya di Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945.

Bertempat di halaman kantor BPK Jawa Timur, upacara dipimpin oleh Kepala Sekretariat Perwakilan Pujo Sumekto sebagai inspektur upacara, dan Eko Supriyanto dari Subauditorat Jawa Timur I sebagai komandan upacara.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh inspektur upacara, Menteri Sosial RI Juliari P Batubara menyebut bahwa menjadi Pahlawan Masa Kini dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI seperti menolong sesama yang kesusahan, tidak melakukan provokasi yang mengganggu ketertiban umum, dan tidak melakukan perbuatan anarkis yang merugikan orang lain. Dengan menjadi Pahlawan Masa Kini, permasalahan-permasalahan yang melanda bangsa Indonesia saat ini akan dapat teratasi.

“Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia Maju,” ajak Menteri Sosial.

Selain pembacaan sambutan Menteri Sosial, upacara Hari Pahlawan diisi dengan pembacaan pesan-pesan dari beberapa pahlawan nasional, antara lain Bung Karno, Bung Hatta, Bung Tomo, Teuku Nyak Arif, dan Pattimura.

Seluruh pegawai BPK Jawa Timur mengikuti upacara Peringatan Hari Pahlawan dengan tertib dan khidmat. Peringatan Hari Pahlawan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran untuk menjaga tanah air serta menggugah rasa kepedulian untuk menolong sesama.