Catatan Berita: Lima Desa Bentuk BUM Des Bersama Fokus Garap Pengembangan Wisata Mangrove

64

Sampang, Radar Madura.id

Upaya menjadikan Sampang sebagai salah satu destinasi wisata di Madura bukan isapan jempol. Semua lini mencoba menggarap sektor ini. Salah satunya yakni badan usaha milik desa (BUM Des).

Saat ini ada lima desa di Kecamatan Sreseh komitmen bekerja sama. Yakni, Desa Marparan, Klobur, Labuhan, Disanah, dan Junok. Kelima desa tersebut bersepakat membentuk BUM Des bersama yang diberi nama Togers. Badan usaha ini yang akan mengelola wisata mangrove.

Kepala DPMD Sampang Abd. Malik Amrullah mengatakan, nama Togers ini diambil dari nama panggilan masing-masing kepala desa di lima desa yang bekerja sama. Yakni, Toni (Junok), Gani (Labuhan), Esiban (Disanah), Romli (Marparan), dan Somad (Klobur). BUM Des Togers ini sekarang masih proses pengurusan badan hukum dan lainnya.

”Ini BUM Des bersama karena menyangkut banyak desa,” kata Malik saat ditemui di sela-sela rapat koordinasi dengan DPRD Sampang kemarin (29/10). Malik menyebut BUMDes yang dibentuk hanya sebagai pengelola. Sementara sarana dan prasarana bisa ditopang oleh berbagai instansi. Seperti disporabudpar untuk sarana wisata dan dinas PUPR untuk infrastruktur jalan.

Selengkapnya…