Dekatkan Diri ke Masyarakat, BPK Jawa Timur Goes to CFD Taman Bungkul

23

BPK Jawa Timur ikut meramaikan gelaran car free day (CFD) di Taman Bungkul, Surabaya, pada hari Minggu (27/10). Pada acara yang dikemas melalui “BPK Jatim Goes to CFD” ini, BPK Jawa Timur membuka booth yang dilengkapi dengan panggung untuk menarik perhatian masyarakat.

Meski keberadaan BPK sudah ada semenjak awal Indonesia berdiri berdasarkan UUD 1945, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui peran BPK dalam mengawal harta negara. “Kami ingin lebih mengenalkan BPK kepada masyarakat, sehingga memahami tugas dan wewenang BPK, serta apa saja yang sudah dilakukan BPK,” terang Kepala Perwakilan Harry Purwaka di sela-sela kegiatan BPK Jatim Goes to CFD.

Ditambahkannya, melalui acara ini diharapkan masyarakat dapat mengetahui layanan publik yang bisa mereka peroleh dari BPK, utamanya terkait informasi mengenai hasil pemeriksaan BPK. Sebagaimana diatur dalam undang-undang, hasil pemeriksaan BPK yang telah disampaikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat dinyatakan terbuka untuk umum dan dapat diakses masyarakat.

Pengenalan BPK kepada masyarakat dilakukan melalui penyebaran survei kepada pengunjung CFD. Edukasi tentang BPK juga dilakukan melalui kuis fish bowl berhadiah bagi para pengunjung booth BPK Jawa Timur. Sementara untuk anak-anak, panitia menyelenggarakan lomba menyusun puzzle logo BPK dan mencari perbedaan gambar. Tak ketinggalan kalangan generasi milenial turut diajak mengenal BPK melalui Instagram challenge. Acara semakin meriah dengan pementasan musik patrol selama perlombaan berlangsung.

Selain berbagai kegiatan edukasi publik, BPK Jatim Goes to CFD juga diramaikan dengan senam bersama yang diikuti masyarakat umum. Di sela-sela senam, panitia membagikan souvenir kepada peserta senam yang terpilih, antara lain peserta senam terheboh, peserta senam termuda, dan peserta senam paling unik. Melalui rangkaian kegiatan ini, BPK Jawa Timur diharapkan dapat lebih dekat dengan masyarakat seiring dengan meningkatnya kesadaran publik (public awareness) tentang tugas dan fungsi BPK.

Video Liputan #BPKJatimCFD2019