Pegawai BPK Jawa Timur Belajar Pengelolaan Acara Melalui Diklat Event Management

42

Sebuah acara atau event perlu dikelola dengan baik agar terselenggara tanpa hambatan serta mencapai tujuan yang diinginkan. Pengelolaan acara yang baik dapat menjamin suksesnya suatu acara.

Sebagai badan publik, BPK Jawa Timur sering menyelenggarakan acara, baik yang bersifat internal maupun yang melibatkan pihak eksternal atau pemangku kepentingan (stakeholder). Beberapa acara yang bersifat internal misalnya penyelenggaraan diklat dan sosialisasi. Sedangkan acara yang bersifat eksternal antara lain berupa penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP), pemantauan tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan, serta kunjungan lembaga lain ke BPK Jawa Timur.

Pengelolaan acara memerlukan kerja sama tim serta perencanaan yang matang. Untuk membekali para pegawai tentang seluk beluk mengelola sebuah acara, BPK Jawa Timur menyelenggarakan Diklat Event Management pada tanggal 21 s.d. 22 Oktober 2019. Diklat ini diselenggarakan oleh BPK Jawa Timur bekerja sama dengan Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN) BPK RI.

Sebanyak 52 orang pegawai mengikuti kegiatan diklat yang bertempat di Ruang Auditorium. Instruktur pada diklat ini adalah widyaiswara dari Badiklat PKN, Pulung Tri Anggoro. Saat mewakili Kepala Perwakilan dalam pembukaan diklat, Kepala Sekretariat Perwakilan Pujo Sumekto dalam sambutannya mendorong seluruh peserta untuk menyimak materi yang disampaikan instruktur dengan sebaik-baiknya. “Kegiatan di BPK Jawa Timur cukup banyak dan beragam. Dari diklat ini, tentunya banyak hal yang bisa dipelajari terkait penyelenggaraan suatu kegiatan,” ucap Kepala Sekretariat Perwakilan.

Selama dua hari diklat, instruktur memberikan berbagai prinsip dasar tentang manajemen acara (event organizing). Penyampaian materi dipadu dengan kegiatan diskusi kelompok dan presentasi hasil diskusi. Selain itu, peserta diklat juga berdiskusi dengan instruktur terkait dengan implementasi materi pada kegiatan di BPK Jawa Timur.

Setelah mengikuti kegiatan diklat ini, diharapkan para pegawai BPK memiliki pengetahuan tentang manajemen pengelolaan acara sehingga dapat mendukung pelaksanaan berbagai kegiatan di BPK Jawa Timur.