Ingin Mengenal BPK, Tiga Institusi Pendidikan Kunjungi BPK Jawa Timur

745

Dalam dua pekan pertama di Bulan September 2019, BPK Jawa Timur melaksanakan Sosialisasi Ke-BPK-an sebanyak tiga kali. Sosialisasi itu digelar saat pelajar/mahasiswa dari tiga institusi pendidikan berkunjung ke kantor BPK Jawa Timur di Jalan Raya Juanda, Sidoarjo.

Sosialisasi yang pertama disampaikan pada Senin, 2 September 2019, kepada mahasiswa dari Universitas Brawijaya, Malang. Sebelum mengikuti sosialisasi di Ruang Auditorium, sebanyak 52 mahasiswa Jurusan Akuntansi dipandu berkeliling lingkungan kantor (office tour) oleh staf Subbagian Humas. Dalam office tour, para mahasiswa mendapat penjelasan mengenai profil singkat BPK Jawa Timur serta melihat sarana prasarana kantor BPK Jawa Timur. Setelah office tour, para mahasiswa memperoleh materi sosialisasi ke-BPK-an yang disampaikan oleh Ketua Tim Senior dari Subauditorat Jawa Timur IV, Mohamad Anas Fauzi.

Hari berikutnya, BPK Jawa Timur kembali menyelenggarakan Sosialisasi Ke-BPK-an dalam rangka kunjungan SMK Negeri 2 Gedangsari Gunungkidul. Sebanyak 35 siswa dari Program Keahlian Akuntansi beserta enam orang guru pendamping mengikuti sosialisasi tentang ke-BPK-an yang dibawakan oleh Kepala Subbagian Tata Usaha Kepala Perwakilan Made Yuni Hartiwi. Sebelumnya, para siswa juga mendapat penjelasan mengenai profil singkat BPK Jawa Timur melalui office tour yang dipandu oleh staf Subbagian Humas.

Selanjutnya, Sosialisasi Ke-BPK-an kembali diselenggarakan saat menyambut kunjungan dari Universitas Muria Kudus pada Selasa, 10 September 2019. Kali ini, materi sosialisasi disampaikan oleh Kepala Subbagian Humas Shinta Lamria kepada 40 mahasiswa Jurusan Akuntansi dan seorang dosen pendamping. Sebagaimana dua kunjungan sebelumnya, sosialisasi dilaksanakan setelah para mahasiswa mengikuti office tour di lingkungan kantor BPK Jawa Timur.

Sosialisasi Ke-BPK-an dilaksanakan dengan metode penyampaian materi dan tanya jawab. Selain itu, panitia dari Subbagian Humas juga memeriahkan suasana sosialisasi dengan melemparkan quiz-quiz kepada peserta sosialisasi. Para pelajar dan mahasiswa dengan penuh semangat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sosialisasi, mulai dari office tour, tanya jawab dengan narasumber sosialisasi, hingga mengunggah foto ke media sosial dengan hashtag #kawalhartanegara dalam quiz yang diselenggarakan panitia. Pada akhir acara, panitia memberikan apresiasi berupa cendera mata kepada para pemenang quiz dan peserta yang aktif bertanya dalam kegiatan sosialisasi.

Salah satu peserta sosialisasi dari Universitas Muria Kudus, Bella, menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan Sosialisasi Ke-BPK-an yang dinilainya sudah bagus. Menurutnya, materi yang disampaikan telah menambah pengetahuan bagi para mahasiswa, khususnya yang tidak bisa diperoleh dari bangku perkuliahan. “Banyak hal dan pelajaran yang kami dapatkan dari sosialisasi ini. Terima kasih atas keramahtamahan BPK Jatim dalam menerima kami dan semoga ke depan kinerja BPK semakin maju!” ucap Bella.