Paripurna Terakhir, Sahkan PAPBD 2019

2

Rapat paripurna terakhir anggota DPRD Jatim periode 2014-2019 berlangsung kemarin (29/8). Rapat dengan agenda pengesahan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (PAPBD) 2019 itu juga menjadi momentum pamitan.

Seperti yang dilakukan Soenarjo, wakil ketua DPRD dari Fraksi Golkar. Dia mengucap lagu Mansyur S. berjudul Pengorbanan. “Bukan perpisahan yang kutangisi, namun pertemuan yang kusesali,” katanya. Sontak, peserta rapat tertawa.

Pada kesempatan itu, Soenarjo berpamitan. Selepas ini dia tidak lagi menjadi anggota DPRD Jatim. Menurut dia, ada anggota dewan yang nyalon, tetapi tidak jadi. Ada pula pula yang memang tidak nyalon, makanya tidak jadi. “Yang seperti itu tidak nyesel,” ujarnya.

Celotehan itu disampaikan di sela-sela menyampaikan pandangan. Rapat menjadi gayeng. Semua terhibur. Soenarjo berhasil memberikan kesan pada rapat paripurna terakhir itu.

Hasil dari rapat tersebut adalah pengesahan PAPBD Jatim 2019. Pada PAPBD itu, tercatat penambahan kekuatan anggaran belanja daerah Rp 4,4 triliun. Dari Rp 33,5 triliun menjadi Rp 37,9 triliun.

Perinciannya, belanja tidak langsung yang semula dianggarkan Rp 22,6 miliar berubah menjadi Rp 25,7 miliar. Dengan kata lain, bertambah sekitar Rp 3,1 miliar. Adapun belanja langsung yang dialokasikan melalui satuan kerja perangkat daerah (SKPD) semula dianggarkan Rp 10,9 miliar naik menjadi Rp 12,2 miliar. Dengan begitu, ada penambahan Rp 1,3 miliar.

[Selengkapnya …]