Peringati HUT Kemerdekaan RI Ke-74, BPK Jatim Selenggarakan Upacara Bendera

60

Sidoarjo, 17 Agustus 2019 – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74, BPK Jatim menyelenggarakan upacara bendera di halaman depan kantor. Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Perwakilan Harry Purwaka sebagai inspektur upacara dan Pengendali Teknis Mochamad Mirza Akbar sebagai komandan upacara.

Dalam upacara kali ini, Kepala Perwakilan menyerahkan Salinan Keputusan Presiden RI Nomor 45/TK/Tahun 2019 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya (SLKS) secara simbolis kepada 13 pegawai di lingkungan BPK Jatim. Tanda kehormatan SLKS ini diberikan sebagai penghargaan negara kepada aparatur sipil negara (ASN) yang telah bekerja secara terus menerus selama 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun. Kali ini, tanda kehormatan SLKS antara lain diterima oleh Bandi (SLKS XXX tahun), Neni Fonawati (SLKS XX tahun), dan Ermawan Bangun Rekayasa (SLKS X tahun).

Sementara itu, dalam sambutan yang dibacakan oleh inspektur upacara, Ketua BPK RI Moermahadi Soerja Djanegara menyatakan bahwa sesuai dengan tema peringatan HUT kemerdekaan RI ke-74 yaitu “SDM Unggul Indonesia Maju”, BPK telah menerapkan berbagai kebijakan untuk membangun SDM-nya. SDM BPK yang unggul akan menghasilkan pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat sehingga dapat mendorong terwujudnya tata kelola keuangan yang semakin baik.

Bersamaan dengan peringatan kemerdekaan RI ke-74, BPK RI menerima Laporan Peer Review BPK Tahun 2019 dari Wakil Presiden Supreme Audit Institution (SAI) Polandia. Hasil peer review menjadi cerminan transparansi dan akuntabilitas BPK sebagai lembaga eksternal pemerintah sekaligus menjawab pertanyaan masyarakat tentang siapakah yang memeriksa BPK. Sejalan dengan itu, Ketua BPK RI mendorong segenap jajaran pelaksana BPK untuk meningkatkan level kematangan organisasi menuju level foresight melalui pemberian pendapat BPK terkait pemilihan kebijakan publik dalam program-program pembangunan, sehingga keberadaan BPK dapat memberikan manfaat bagi rakyat Indonesia dan dunia internasional.

Upacara bendera peringatan kemerdekaan RI ke-74 berjalan dengan tertib dan khidmat. Setelah upacara, dilaksanakan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba tujuhbelasan di lobby kantor.

Dirgahayu Republik Indonesia ke-74 ..!!