Gotong Royong Melaksanakan Penyembelihan Hewan Kurban

Sidoarjo, 12 Agustus 2019 – Dalam suasana Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah, Masjid Baitul Hasib BPK Jawa Timur menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban. Kegiatan yang rutin diselenggarakan tiap tahun ini disemarakkan oleh para pegawai BPK Jawa Timur dengan bergotong royong menangani pengolahan hewan kurban, sejak pengadaan, penyembelihan, hingga pendistribusiannya.

Tahun ini, hewan kurban yang disembelih berjumlah satu ekor sapi dan 15 ekor kambing yang seluruhnya merupakan kurban dari para pegawai. Penyembelihan hewan kurban dibuka dengan do’a bersama demi kelancaran acara dan dilanjutkan penyerahan hewan kurban secara simbolis dari Kepala Perwakilan Harry Purwaka kepada panitia penyembelihan hewan kurban. Disaksikan para pejabat dan para pegawai, panitia penyembelihan memulai proses penyembelihan dengan gema takbir.

Menjelang proses penyembelihan, sempat terjadi kejadian yang mendebarkan ketika sapi kurban yang sudah dirobohkan untuk disembelih tiba-tiba bangun dan terlepas. Meski demikian, situasi masih terkendali dan proses penyembelihan sapi ditunda hingga seluruh kambing kurban selesai disembelih.

Seluruh pegawai berbaur dalam menangani hewan kurban, mulai dari aparatur sipil negara (ASN) hingga petugas cleaning service. Ada yang membantu proses penyembelihan, ada yang berpartisipasi dalam menguliti hewan kurban yang sudah disembelih, dan ada yang memotong serta membagi-bagi daging hewan kurban untuk kemudian didistribusikan. Setelah makan siang, seluruh daging hewan kurban siap didistribusikan.

Daging hewan kurban didistribusikan kepada lima RT di sekitar Kantor BPK Jawa Timur, serta ke beberapa pondok pesantren dan panti asuhan, yaitu Pondok Pesantren Yatim dan Dhuafa Al Ghoni Gedangan, Pondok Pesantren,Yatim dan Dhuafa Darul Qur’an Waru, Panti Asuhan Muzdalifah Waru, Panti Asuhan Insanul Kamil Waru, Panti Asuhan Al Ikhlas Waru, dan Panti Asuhan Al Kaafi Sedati. Tak ketinggalan, panitia juga mendistribusikan daging hewan kurban kepada pegawai BPK Jawa Timur.

Melalui distribusi daging hewan kurban ke berbagai kalangan, diharapkan daging hewan kurban dapat dimanfaatkan lebih merata. Selain bernilai ibadah kepada Sang Pencipta, kegiatan kurban juga bernilai ibadah sosial dengan berbagi kepada sesama yang membutuhkan.

Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah !!