BPK Jawa Timur Berikan Edukasi Ke-BPK-an kepada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang

58

Sidoarjo, 30 Juli 2019 – Di penghujung Bulan Juli, BPK Jawa Timur kembali menerima kunjungan dari kalangan mahasiswa. Seperti kunjungan mahasiswa sebelumnya, kali ini mahasiswa dari Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengunjungi Kantor BPK Jawa Timur dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan (KKL).

Sebagai penyambutan, staf Subbagian Hubungan Masyarakat memandu para mahasiswa yang berjumlah 100 orang untuk mengikuti office tour di lingkungan Kantor BPK Jawa Timur untuk memperoleh penjelasan mengenai sarana dan prasarana yang disediakan untuk menunjang aktivitas bekerja para pegawai BPK, di antaranya poliklinik umum, poliklinik gigi, kantin, lapangan tenis, masjid, dan ruang laktasi. Selain itu, para mahasiswa juga diajak untuk mengunggah foto selama mengikuti KKL di BPK Jawa Timur ke media sosial.

Selanjutnya, para mahasiswa dan dosen pendamping dari UNNES memasuki Ruang Auditorium untuk mengikuti acara Sosialisasi Ke-BPK-an. Sosialisasi ini sengaja disampaikan dalam KKL untuk mengedukasi mahasiswa tentang BPK dan tugas-tugasnya. Sebelum sosialisasi dimulai, para mahasiswa diminta mengisi kuesioner singkat seputar BPK untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa tentang BPK.

Acara Sosialisasi Ke-BPK-an dibuka oleh Kepala Sekretariat Perwakilan Pujo Sumekto, yang sekaligus menjadi narasumber dalam sosialisasi. Dalam sambutannya, Pujo menyampaikan ucapan selamat datang kepada sivitas akademika UNNES yang melaksanakan KKL ke Kantor BPK Jawa Timur dan juga menyemangati mahasiswa untuk menjadikan BPK sebagai pilihan berkarir setelah menyelesaikan perkuliahan.

Sementara itu, Kepala Laboratorium Akuntansi UNNES Asrori, mewakili rombongan KKL UNNES, menyampaikan terima kasih atas sambutan yang baik dari BPK Jawa Timur. Universitas yang dulu bernama IKIP Semarang ini sebelumnya pernah melaksanakan KKL ke BPK Jawa Timur pada tahun 2017. Sehingga, KKL kali ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga hubungan baik antara UNNES dengan BPK, sekaligus memperkenalkan para mahasiswa yang seluruhnya berasal dari Jurusan Akuntansi kepada dunia kerja yang berkaitan dengan bidang studi mereka.

Dengan antusias, para mahasiswa mengikuti sosialisasi tentang ke-BPK-an yang disampaikan oleh Kepala Sekretariat Perwakilan dan dimoderatori oleh Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Shinta Lamria. Dalam sosialisasi ini, para mahasiswa antara lain memperoleh penjelasan tentang kelembagaan BPK, jenis-jenis pemeriksaan BPK, serta gambaran singkat tentang BPK Jawa Timur. Sosialisasi berlangsung dengan menarik karena selama penyampaian materi ke-BPK-an, Kepala Sekretariat Perwakilan banyak berdialog dengan para mahasiswa dan memberikan beberapa doorprize.

Di akhir acara, setelah tanya jawab tentang materi ke-BPK-an, panitia sosialisasi dari Subbagian Hubungan Masyarakat membagikan cendera mata kepada mahasiswa yang aktif bertanya serta mahasiswa yang mendapat likes terbanyak atas foto kegiatan KKL di BPK Jawa Timur yang diunggah ke media sosial.