Banyak Masalah Pembebasan Frontage Road Sidoarjo

59

Jalan Raya Waru hingga Buduran dipastikan tetap macet. Sebab, tahun ini pembebasan lahan frontage roadĀ (FR) tidak rampung. Terkendala sejumlah masalah. Kendala-kendala tersebut kemarin (16/7) dipaparkan Kantor Pertanahan Sidoarjo dan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) saat rapat bersama di Pendapa Delta Wibawa.

Kepala DPUBMSDA Sunarti Setyaningsih menyebutkan empat poin masalah. Di antaranya, terkait peta bidang. Peta bidang yang sudah dibuat Kantor Pertanahan Sidoarjo belum diumumkan. Kemudian, pemilik lahan yang tidak sepakat dengan nilai appraisalĀ belum dikonsinyasi. Akibatnya, pembelian lahan tersendat.

Terakhir, pembangunan fisik FR tidak bisa berjalan lantaran pertimbangan BPK. Pasalnya, hibah TNI-AL belum tuntas. “Keempat, berkas serah terima hibah masih di Kementerian Keuangan,” ucapnya.

Kasi Pengadaan Tanah Kantor Pertanahan Sidoarjo Ferri Saragih menyampaikan, peta bidang yang sudah dibuat harus dibenahi. Sebab, itu belum memuat detail informasi. Selain itu, perkembangan pembebasan lahan. Total lahan yang dibebaskan mencapai 254 bidang. Hanya 60 bidang yang sudah tuntas dibayar.

[Selengkapnya …]