Sambut Kunjungan Edukatif HIMADITA UNEJ, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Selenggarakan Sosialisasi Ke-BPK-an

88

Sidoarjo, 8 Juli 2019 – Kalangan akademisi, khususnya mahasiswa, diharapkan dapat menjadi duta-duta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat tentang BPK. Meski BPK dibentuk berdasarkan amanah Undang-Undang Dasar 1945, masih terdapat beberapa kalangan yang belum bisa membedakan antara BPK dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Masyarakat juga perlu memahami perbedaan lingkup wewenang BPK dan wewenang aparat penegak hukum seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kepolisian, dan kejaksaan.

Hal itu disampaikan Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Shinta Lamria dalam sosialisasi ke-BPK-an yang bertempat di Ruang Auditorium. Sosialisasi kali ini diselenggarakan dalam rangka kunjungan edukatif dari Himpunan Mahasiswa Diploma Tiga (HIMADITA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember (FEB UNEJ) yang diikuti sebanyak 55 orang mahasiswa dari empat jurusan di FEB, yaitu Manajemen Perusahaan, Administrasi Keuangan, Kesekretariatan, dan Akuntansi.

Sebelum mengikuti sosialisasi, dengan dipandu panitia dari tim humas BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, para mahasiswa diajak berkeliling lingkungan kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur (office tour). Acara sosialisasi dengan narasumber N. Diva Mahaendra ini dilaksanakan di Ruang Auditorium dengan dimoderatori oleh Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat. N. Diva Mahaendra adalah Ketua Tim Senior pada Subauditorat Jawa Timur IV. Untuk memeriahkan kegiatan ini, panitia mengadakan quiz interaktif edukatif berhadiah di sela-sela penyampaian materi sosialisasi.

Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat berharap para mahasiswa yang telah memperoleh materi tentang ke-BPK-an dapat memahami substansi yang disampaikan serta membagikan wawasan tentang BPK kepada lingkungan sekitarnya.

Sementara itu, Ketua Umum HIMADITA FEB UNEJ Hisyam Azis Satriyanto menyampaikan apresiasinya atas pelayanan yang diberikan oleh BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. “Materi ke-BPK-an yang disampaikan sangat mengena. Kami juga merasa mendapat sambutan yang sangat hangat dari panitia BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur,” ungkap Hisyam.