Universitas Dian Nuswantoro Kunjungi BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur

70

Sidoarjo, 24 Juni 2019 – Sebanyak 180 mahasiswa Program Studi Akuntansi dari Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang dengan didampingi lima orang dosen pendamping melaksanakan kunjungan kerja lapangan (KKL) ke BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. KKL ini merupakan kegiatan wajib Udinus bagi para mahasiswa semester enam sebagai persiapan mengenal dunia kerja.

Kepala Perwakilan Provinsi Jawa Timur Harry Purwaka menyambut baik kegiatan KKL mahasiswa Udinus ke BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Menurut Kepala Perwakilan, kunjungan ini menjadi kesempatan yang baik untuk mengenalkan tugas dan fungsi BPK kepada masyarakat sebagai auditor eksternal pemerintah.

“Kalau diibaratkan sebuah perusahaan, BPK dapat digambarkan seperti akuntan publik yang memeriksa laporan keuangan perusahaan. Sedangkan BPKP, inspektorat, sebagaimana satuan pengendalian internal dalam perusahaan,” terang Kepala Perwakilan.

Setelah sambutan Kepala Perwakilan, para mahasiswa memperoleh materi sosialisasi tentang ke-BPK-an yang dibawakan oleh Ketua Tim Senior dari Subauditorat Jawa Timur II Yulia Arum Handayani. Dalam penjelasannya, narasumber menyampaikan materi seputar kelembagaan BPK, sistem kerja BPK, pemantauan tindak lanjut hasil pemeriksaan, serta keterbukaan informasi di BPK.

Penyampaian materi ke-BPK-an berlangsung dalam suasana cair. Beberapa kali, Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Siti Rahmawati Arifah yang bertindak sebagai moderator, berinteraksi dengan para mahasiswa dan melontarkan beberapa quiz. Selain itu, perwakilan mahasiswa Udinus juga maju menampilkan kemampuannya menyanyi duet.

Acara sosialisasi ke-BPK-an ditutup dengan pemberian cendera mata dari panitia Sosialisasi Ke-BPK-an kepada beberapa mahasiswa dan foto bersama. Melalui acara ini, diharapkan kalangan akademisi semakin memahami tugas dan fungsi BPK dalam mengawal pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel.