Ingin Mengenal BPK, Mahasiswa Universitas Sanata Dharma Kunjungi BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur

127

Apa sih yang kalian tahu tentang Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ?

Itulah pertanyaan awal dari staf Subbagian Hubungan Masyarakat kepada beberapa mahasiswa Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta yang melakukan kunjungan ke kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Senin (29/4), sebagai bagian dari wawancara testimoni.

Secara global, memang BPK sudah dikenal oleh kalangan akademisi. Meski demikian, sebagian masyarakat masih belum mengetahui perbedaan antara BPK dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Hal ini membuat sosialisasi tentang ke-BPK-an kepada masyarakat menjadi penting agar masyarakat memahami tugas dan fungsi BPK. Sebagai auditor eksternal, BPK merupakan satu-satunya lembaga yang diberikan wewenang oleh UUD 1945 untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

Saat membuka acara Sosialisasi Ke-BPK-an kepada civitas akademika USD, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Harry Purwaka menyebut bahwa sebagai satu-satunya lembaga yang berwenang memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, BPK memiliki pegawai dari berbagai latar belakang disiplin ilmu. Kesemuanya bersinergi dalam melaksanakan dan mendukung kegiatan pemeriksaan di BPK.

“Bekerja di BPK sangat menarik. Selain kesempatan mengunjungi berbagai tempat yang menarik, pemeriksa BPK dapat mempelajari berbagai bidang ilmu yang berbeda-beda sesuai objek yang diperiksa,” terang Kepala Perwakilan.

Sosialisasi Ke-BPK-an yang digelar dalam rangka kunjungan perusahaan (company visit) dari Fakultas Ekonomi USD ini diikuti oleh 115 mahasiswa Program Studi Manajemen dan 6 orang dosen pendamping. Diawali dengan office tour, para mahasiswa diajak berkeliling lingkungan kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur untuk melihat berbagai fasilitas dan sarana prasarana yang tersedia. Setelah berkeliling kantor, para mahasiswa memasuki Ruang Auditorium untuk mengikuti pemaparan materi Sosialisasi Ke-BPK-an.

Sebagai pembuka acara sosialisasi, seluruh peserta diajak nonton bareng film pemenang Festival Film Kawal Harta Negara (FFKHN) Tahun 2018. Setelah itu, para peserta mendengarkan materi sosialisasi yang dibawakan oleh Kepala Sekretariat Perwakilan Pujo Sumekto dan dimoderatori oleh Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Siti Rahmawati Arifah.

Dalam pemaparannya, Kepala Sekretariat Perwakilan sebagai narasumber menjelaskan beberapa hal terkait kelembagaan BPK, tugas pokok dan fungsi BPK, beberapa kegiatan BPK Perwakilan, serta fasilitas-fasilitas yang tersedia di kantor BPK Perwakilan. Setelah pemaparan materi, para mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab dengan narasumber.

Pada akhir acara, sebagai bentuk apresiasi, panitia membagikan cendera mata kepada peserta yang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan selama sosialisasi. Selain itu, hadiah spesial diberikan kepada peserta yang mengunggah foto kegiatan company visit ke media sosial dan mendapat tanda suka (like) terbanyak.

Dosen USD sekaligus ketua rombongan company visit, Herry Maridjo mengapresiasi sambutan panitia dan penyelenggaraan Sosialisasi Ke-BPK-an. Menurutnya, kegiatan Sosialisasi Ke-BPK-an sangat bermanfaat dalam membangun public awareness kepada masyarakat untuk memahami tugas dan fungsi BPK.

#KamiBPK

#KitasemuaBPK