BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Sambut Kunjungan Industri SMK Walisongo Pecangaan Jepara

275

Sidoarjo, 4 April 2019 – BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur menerima kunjungan industri dari SMK Walisongo Pecangaan Jepara. Kali ini, rombongan yang datang merupakan siswa dari jurusan Perbankan Syari’ah yang berjumlah 43 orang serta didampingi lima orang guru pendamping.

Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Siti Rahmawati Arifah yang mewakili Kepala Perwakilan Provinsi Jawa Timur menyampaikan ucapan selamat datang sekaligus membuka acara Sosialisasi Ke-BPK-an bagi para siswa SMK Walisongo. Sementara itu, koordinator rombongan dari SMK Walisongo, Adib Khoiruzzaman, menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Melalui kunjungan industri, para siswa yang masih duduk di bangku kelas XI ini diharapkan mendapatkan tambahan wawasan dan pengetahuan tentang pengelolaan keuangan negara dan fungsi dari BPK.

Kegiatan sosialisasi ke-BPK-an ini dipandu langsung oleh Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat, yang sekaligus sebagai narasumber utama. Pemaparan materi sosialiasi yang disampaikan kepada para siswa antara lain meliputi kelembagaan BPK RI, sistem kerja BPK RI, dan cerita-cerita seputar pengalaman bekerja sebagai pemeriksa maupun pegawai penunjang pendukung BPK.

Di sela-sela pemaparan materi, narasumber sempat melontarkan pertanyaan seputar hak dan kewenangan pemeriksaan BPK. Mengingat latar belakang para siswa adalah jurusan perbankan, narasumber juga menjelaskan pemeriksaan pada bank plat merah (BUMN) yang juga menjadi objek pemeriksaan BPK.

Secara umum, sosialisasi berlangsung lancar dan dipenuhi antusias dari para peserta, seperti terlihat dari banyaknya hal-hal yang ditanyakan setelah pemaparan materi. Acara kunjungan industri ditutup dengan pertukaran cendera mata dari BPK dan SMK Walisongo serta dilanjutkan foto bersama.