BPK Desak BPOM Permudah Izin Edar

Perekonomian di Indonesia saat ini mulai berkembang di tingkat usaha industri kecil atau biasa disebut Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sayangnya UMKM biasanya sulit untuk dikembangkan karena tak memiliki izin edar.

Anggota VI Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Harry Azhar Azis mengungkapkan keberadaan UMKM dapat menopang perekonomian Indonesia. Untuk itu, ia mendorong agar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mampu memudahkan para pelaku UMKM untuk memperoleh Nomor Izin Edar (NIE).

“Kami sebagai bagian dari pengawasan negara melihat langsung kinerja BPOM dalam lokakarya seperti ini. Saya melihat sebelum tahun 2005 perijinan masih sangat bertele-tele. Saat ini bisa dalam satu hari selesai. Ini kemajuan yang mungkin harus ditingkatkan,” ujarnya dalam Lokakarya “Peningkatan Efektivitas Pengawasan Obat dan Makanan Melalui Sinergisme Dengan Mitra Kerja” di JW Marriot Surabaya, Selasa (12/3).

Untuk mendorong kinerja BPOM, menurutnya perlu penguatan peraturan perundangan. Sebab saat ini keberadaan BPOM masih dibawah Perpres.

“Kalau kekuatan hukumnya kuat, BPOM bisa lebih aktif dalam mengedukasi terkait pelayanan dan penindakannya. Karena tidak menutup mata banyak pelaku yang perlu ditindak,” lanjutnya.

[Selengkapnya …]