Dispendik Jember Anggarkan Perbaikan Seribu Kelas

81

Dinas Pendidikan Jember melakukan perbaikan kelas besar-besaran. Tercatat, ada seribu ruang yang dibangun atau direhab. Perbaikan kelas itu akan menyasar TK/PAUD, SD, dan SMP.

Kepala Dinas Pendidikan Jember Edy B. Susilo mengungkapkan, pihaknya telah memerinci jumlah ruang kelas. Dananya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). “Pelaksanaan rehabnya tahun ini,” katanya.

Pembangunan untuk ruang kelas PAUD, baik yang rusak sedang maupun berat, akan menyasar 12 ruangan. Dari 12 ruangan tersebut, disiapkan dana Rp 746 juta. Anggaran yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) atau APBD tersebut juga digunakan untuk konsultan pengawasan.

Ruang kelas TK/PAUD yang direhab memang tak terlalu banyak. Namun, rehab ruang kelas dengan tingkat kerusakan sedang atau berat untuk lembaga pendidikan SD justru cukup banyak. Tahun ini dispendik mencanangkan merehab 650 ruang kelas. Anggaran untuk rehab ruang kelas SD tersebut akan memakan biaya Rp 56.948.329.000. “Itu juga termasuk anggaran lainnya seperti konsultan pengawas,” lanjut Edy.

Selain TK/PAUD dan SD, dispendik merencanakan perbaikan untuk 338 ruang kelas SMP dengan sumber APBD. Yakni, Rp 19.159.950.000.

[Selengkapnya …]