Khofifah-Emil Langsung Libatkan KPK dan BPK

95

Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak akan langsung tancap gas setelah dilantik sebagai gubernur-wakil gubernur Jawa Timur (Jatim) sore ini. Seabrek agenda kerja yang sudah direncanakan sejak masa kampanye akan dijalankan.

“Yang pertama, setelah mengikuti seluruh prosesi pelantikan, kami akan ke gedung KPK,” kata Khofifah di kediamannya di Surabaya, kemarin (12/2).

Khofifah mengungkapkan, sebelum dilantik, dirinya telah mengirim surat kepada KPK. Isinya permintaan audiensi. Rencananya, dia membahas sejumlah agenda strategis bersama deputi pencegahan KPK.

Mantan menteri sosial itu meminta KPK melalui divisi pencegahan ikut membantu terciptanya good governance¬†di lingkungan Pemprov Jatim. “Kita berharap KPK bisa membantu bagaimana menjaga akuntabilitas dan transparansi APBD yang diselenggarakan pemprov,” ujarnya.

Khofifah juga bakal beraudiensi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Salah satu misinya ialah membahas sektor-sektor apa saja yang selama ini masuk daftar pemeriksaan dengan tujuan tertentu (PDTT). “Sehingga kita bisa mengetahui positioning¬†PDTT-PDTT itu. Dari situ kita dapat peta yang perlu dibenahi. Itu bagian kita untuk mengedepankan pencegahan,” katanya.

Alumnus Universitas Airlangga tersebut berencana menularkan cara itu ke seluruh pemerintah kabupaten/kota di Jatim. “Sehingga semuanya memiliki semangat yang sama,” ucap dia.

[Selengkapnya …]