Ribuan Warga Kabupaten Sampang Terima Bantuan Sosial

101

Sedikitnya 2.863 warga Sampang yang tersebar di 80 Desa, di 14 Kecamatan se-Kabupaten Sampang terima dana bantuan sosial yang berupa modal usaha. Bantuan tersebut bersumber dari bantuan sosial APBD Sampang program Gema Sahabat, dan program Jalin Matra bantuan Provinsi tahun 2018.

Menurut Jufri, Kasi Pemberdayaan Lembaga dan Usaha Ekonomi, DPMD Kabupaten Sampang, dua program bantuan sosial yakni Gema Sahabat dan Jalin Matra anggaran 2018 sudah tuntas dan sampai pada penerimanya, Rabu (12/12).

“Adapun rincian penerima program bantuan sosial tersebut, di antaranya program Gema Sahabat tersebar di 50 desa, 14 kecamatan se-Kabupaten Sampang, dengan total penerima 1.671 orang, dengan masing-masing senilai Rp. 2.500.000 berupa barang sesuai kebutuhan untuk usaha. Sedangkan program Jalin Matra tersebar di 30 desa, 14 kecamatan se-Kabupaten Sampang dengan total penerima 1.192 orang,” terang Jufri.

Lanjut Jufri, kedua program bantuan sosial tersebut sudah berjalan setiap tahun, untuk Jalin Matra kali ini memasuki tahun ke-4, sedangkan Gema Sahabat ini berjalan tahun kedua. Sedangkan sasaran dari dua program sosial tersebut, pertama, penanggulangan feminisasi kemiskinan (PFK), kedua, rumah tangga sangat miskin (RTSM), dan ketiga, penanggulangan kerentanan kemiskinan (PK2).

Saat ditanyai terkait nama desa penerima dan by name by addres penerima bantuan sosial tersebut, Jufri menyatakan masih ada di stafnya dan belum bisa memberikan data tersebut. Tapi intinya, kegiatan ini berbasis modal usaha tergantung kebutuhan masing-masing penerima, dan dana bantuan pun ditransfer langsung ke rekening desa dan rekening kelompok.

[Selengkapnya …]