Peringati Hari Pahlawan, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Gelar Upacara Bendera

168

Sidoarjo, 12 November 2018 – Setiap bulan November, ingatan masyarakat akan tertuju pada peristiwa pertempuran di Surabaya pada 10 November 1945 yang merupakan perang fisik pertama melawan penjajah setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Semangat pantang menyerah, keberanian, dan pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan bangsa telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini.

Dengan mengambil tema “Semangat Pahlawan di Dadaku”, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 2018. Pada upacara kali ini, Kepala Perwakilan Provinsi Jawa Timur Harry Purwaka bertindak sebagai inspektur upacara, dan Mohamad Anas Fauzi dari Subauditorat Jawa Timur IV bertindak sebagai komandan upacara.

Saat membacakan sambutan dari Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita, inspektur upacara mengingatkan bahwa setiap perjuangan pasti ada hasilnya namun tidak ada kata berhenti untuk terus berjuang. Setiap zaman pasti ada pahlawannya dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya. “Terkait dengan hal tersebut, bangsa Indonesia memerlukan pahlawan baru, sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini,” kata inspektur upacara.

Menurut Menteri Sosial, setiap warga negara Indonesia dapat menjadi pahlawan dengan mengabdikan diri untuk hal-hal yang bermanfaat bagi kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bangsa, dan negara.

Selain sambutan dari Menteri Sosial, pada upacara bendera kali ini, petugas upacara juga membacakan pesan-pesan perjuangan dan kata mutiara dari beberapa pahlawan nasional. Dengan demikian, diharapkan Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara atau prosesi, namun memiliki makna dan dapat memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.