Pemkot dan Pemkab Mojokerto Sukses Raih WTP

257

Target Pemkot maupun Pemkab Mojokerto untuk mempertahankan perolehan predikat laporan hasil keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK tahun ini akhirnya tercapai. Wali Kota Mas’ud Yunus dan Bupati Mustofa Kamal Pasa menerima langsung opini itu dari Kepala perwakilan BPK RI Jatim, Novian Herodwijanto, Rabu (31/5).

BPK Perwakilan Provinsi Jatim menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) untuk tahun anggaran 2016 kepada 20 Kabupaten/Kota di Provinsi Jatim. Bertempat di Auditorium Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jatim, Wali Kota Mas’ud Yunus menerima predikat itu bersama Ketua DPRD Kota Mojokerto Purnomo. Demikian juga Bupati Mojokerto MKP juga didampingi Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto, Ismail Pribadi.

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jatim, Novian Herodwijanto dalam sambutan usai penyerahan menyampaikan apresiasinya kepada Kabupaten/Kota yang telah menyampaikan laporan keuangannya tepat waktu. ”Hal ini sejalan dengan komitmen BPK yang berkomitmen untuk mendukung laporan keuangan yang transparan dan akuntabel,” tuturnya.

Sementara itu, Mas’ud Yunus, Wali Kota Mojokerto menyampaikan terima kasihnya kepada Aparatur Sipil Negara di seluruh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) itu target Panca Sukses tahun 2017 tercapai dengan baik. Target Panca Sukses tersebut adalah sukses pelayanan, sukses infrastruktur, sukses Kamtibmas, sukses WTP dan sukses Adipura.

”Sukses WTP ini menjadi salah satu dari target capaian di tahun 2017. Tentunya kita tidak boleh berpuas diri. Mari kita jadikan raihan WTP ini sebagai motivasi kita untuk terus meningkatkan kinerja dalam pengelolaan keuangan lebih baik lagi,” sampainya.

Sementara itu, Pemkab Mojokerto kembali mempertahankan predikat WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2016 melalui kerja keras.

Raihan WTP sendiri merupakan bentuk dari kesesuaian laporan keuangan yang telah dilaksanakan sesuai dengan standard akuntansi pemerintahan, efektivitas sistem pengendalian intern, dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan. WTP yang diraih Pemkab Mojokerto juga menandakan, upaya perbaikan kinerja pengelola keuangan dinilai sangat baik.

”Saya sampaikan terima kasih atas kerja keras semua pihak hingga Pemkab Mojokerto kembali meraih WTP,” tegas Bupati Mustofa Kamal Pasa.

[Selengkapnya …]