Kelola Keuangan ADD-DD yang Baik dengan Program Klik-On

271

Untuk mewujudkan sistem pengelolaan keuangan yang baik pada Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD), Pemkab Situbondo melalui Inspektorat melaunching program Klik-On (Klinik Konsultasi  Pengeloaan Keuangan Desa) se-Situbondo, Rabu (21/12) kemarin.

Acara yang dipusatkan di Pendopo Kabupaten itu dibuka Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto didampingi Kepala Inspektorat Bambang Priyanto dan Waka Polres Situbondo, Kompol Edith Yuswo Widodo.

Menurut Bupati Dadang melalui Kepala Inspektorat Bambang Priyanto, peluncuran program Klik On mengacu pada banyaknya laporan masyarakat dan LSM kepada aparat penegak hukum maupun Inspektorat tentang pengelolaan ADD dan DD serta pembangunan fisik yang tidak sesuai dengan spesifikasi. Selain itu, kata Bambang, kini banyak pertanggungjawaban keuangan yang bersumber dari ADD/DD disampaikan tidak tepat waktu.

”Bahkan dari sisi administrasi tidak akuntabel seperti tertuang pada hasil laporan pemeriksaan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan),” tegas Bambang.

Bambang mengatakan, program Klik-On ini juga didasarkan kepada Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) Inspektorat sebagai penjamin mutu pengelolaan keuangan yang baik di pemerintahan daerah maupun di pemerintahan desa. Yang jelas, kegiatan Klik-On ini untuk membantu perangkat desa, khususnya TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) mulai pelaksanaan perencanaan kegiatan hingga pertanggungjawaban administrasi. ”Saat ini juga petugas Klik-On langsung dikukuhkan bupati,” aku Bambang.

Bambang menekankan, dengan program Klik-On ini para Kepala Desa beserta seluruh perangkat dan stakeholder lainnya benar-benar memanfaatkan kegiatan ini dengan semaksimal mungkin. Yang terpenting pada program Klik-On ini bisa mewujudkan sistem pertanggungjawaban ADD dan DD dengan tepat waktu dan akuntabel. ”Ini karena bukan merupakan tanggung jawab Kades semata, melainkan juga tanggungjawab Pemkab Situbondo sebagai lampiran tak terpisahkan dari keduanya,” terang Bambang.

Sementara itu Wakapolres Situbondo, Kompol Edith Yuswo Widodo, sangat mengapresiasi pembentukan Klik-On oleh Inspektorat Kab Situbondo. Edith juga mengakui launching ini merupakan suatu terobosan Pemkab terkait dengan pembentukan Satgas Pungli di bidang preventif. Klik-On ini dimata Edith juga sebagai program konsultasi lebih awal dari desa agar para Kades tak terlalu jauh mendatangi Pemkab Situbondo yang terletak di Kota.

”Dengan Klik-On ini nanti dari Inspektorat akan mendatangi Kantor Kecamatan dan Desa sebagai sarana konsultasi. Di sanalah nanti diketahui inti permasalahan pengelolaan anggaran. Dengan Klik On ini pula saya berharap tidak terjadi penyimpangan pengelolaan ADD-DD,” pungkas Kompol Edith.

[Selengkapnya …]