Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-70

177

laporan

“Tempat saya yang terbaik adalah di tengah-tengah anak buah. Saya akan meneruskan perjuangan.”

(Pesan Pahlawan Nasional Jenderal Sudirman)

BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan ke-70 pada tanggal 10 November 2015. Upacara ini bertempat di halaman depan Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur dan diikuti oleh para pejabat struktural, pejabat fungsional, serta seluruh pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Upacara dipimpin oleh Plt Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Syamsudin, selaku inspektur upacara. Adapun yang bertindak sebagai komandan upacara kali ini adalah Genera Hospito Ramadhani.

Peringatan Hari Pahlawan tahun ini memiliki makna khusus karena bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-70, suatu usia kemerdekaan yang cukup matang untuk ukuran sebagai bangsa yang dewasa dalam bernegara. Dengan mengambil tema “Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwa Ragaku”, peringatan Hari Pahlawan tahun 2015 ini difokuskan untuk membangun kesadaran dan ingatan kolektif seluruh bangsa Indonesia sebagai representasi pengakuan, penghormatan, dan penghargaan dari nilai-nilai kejuangan untuk diimplementasikan dalam kehidupan bernegara pada waktu kini dan akan datang.

Melalui upacara Hari Pahlawan ke-70, Menteri Sosial – dalam sambutannya yang dibacakan oleh inspektur upacara – mengajak untuk merenungkan langkah besar Bapak Bangsa seperti Soekarno, Mohammad Hatta, Wahid Hasyim, Mohammad Yamin, Abdul Kahar Mudzakkir, Agus Salim, Abikusno Tjokrosoejoso, AA Maramis, dan Ahmad Subarjo yang terhimpun dalam Panitia Sembilan BPUPKI. Mereka telah mewariskan lima norma dan nilai-nilai yang kemudian menjadi Pancasila sebagai dasar negara, sebagai ideologi pemersatu bangsa, juga sebagai spirit kegotong-royongan dalam bermasyarakat dan bernegara. Langkah besar dan semangat kepahlawanan para pendiri bangsa tersebut perlu disebarkan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk memberikan penguatan semangat dalam menghadapi setiap tantangan dan ujian yang dihadapi negeri ini.

Upacara peringatan Hari Pahlawan ke-70 secara umum berjalan dengan lancar dan tertib.

peserta

hormat

pembaca naskah