Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-87

160

Upacara

“Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Berikan aku 10 pemuda, maka akan kuguncang dunia”

Kutipan pesan dari Presiden Indonesia yang pertama, Soekarno, menjadi pembuka dari sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia pada Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-87. Peringatan sumpah pemuda kali ini mengambil tema “Revolusi Mental untuk Kebangkitan Pemuda Menuju Aksi ‘Satu untuk Bumi“. Tema ini didasari atas keprihatinan yang mendalam terhadap dua hal. Pertama, munculnya fenomena baru tentang berubahnya pola relasi kemasyarakatan Indonesia akibat arus modernisasi dan kemajuan teknologi informasi. Kedua, terkait fenomena pengelolaan sumber daya alam Indonesia yang belum sesuai dengan konsep pembangunan berkelanjutan (sustainability development).

Melalui peringatan sumpah pemuda ke-87, pemuda Indonesia diajak menjadi pemimpin bumi (khalifah fil ardl) yang baik, adil, dan bertanggung jawab untuk menjaga keberlangsungan bumi hingga masa yang akan datang seiring dengan pembangunan peradaban Indonesia.

Itulah sekilas sambutan dari Menpora yang dibacakan oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Muzakkir, yang bertindak sebagai inspektur upacara pada Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-87 di BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Upacara tersebut dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2015 di halaman depan Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Upacara yang diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur ini secara umum berlangsung khidmat dan berjalan lancar.

Naskah

Amanat

Petugas