Sosialisasi Pengisian e-PUPNS

158

PUPNS Jatim

Dalam rangka menata ulang sistem informasi kepegawaian sesuai amanat dalam UU No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), Badan Kepegawaian Negara (BKN) melaksanakan kegiatan pendataan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kegiatan ini dikemas dengan nama Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil (PUPNS) yang bertujuan memutahirkan, melengkapi, dan memastikan kebenaran data kepegawaian milik BKN untuk memudahkan pelayanan, perencanaan, evaluasi, dan pengambilan keputusan untuk kepentingan berbagai pihak.

Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, Biro Sumber Daya Manusia (SDM) bekerja sama dengan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan sosialisasi pengisian PUPNS secara elektronik (e-PUPNS) pada Senin, 19 Oktober 2015. Sosialisasi yang diikuti oleh PNS di lingkungan BPK Provinsi Jawa Timur ini diselenggarakan di Ruang Auditorium Lantai 2, Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur.

Kepala Sekretariat Perwakilan, Joko Agus Setyono, dalam sambutannya mewakili Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, menyambut gembira sosialisasi ini yang diharapkan dapat membantu seluruh PNS di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur dalam melengkapi data kepegawaian masing-masing melalui e-PUPNS.

Selanjutnya, Ahimsyah Wahyu Pratama (Biro SDM) memberikan pemahaman sekilas mengenai PUPNS, termasuk tujuan, latar belakang, dan dasar hukum pelaksanaan PUPNS. Pengisian formulir PUPNS melalui internet dilakukan pada 1 September s.d. 30 Nopember 2015. Selain itu, dijelaskan pula alur proses dan tahapan pelaksanaan e-PUPNS.

Salah satu kendala dalam pengisian e-PUPNS adalah kapasitas server yang masih kurang sehingga belum dapat maksimal melayani permintaan data pengunjung dalam aktivitas yang tinggi secara bersama-sama. Tim Satgas PUPNS dari BKN sudah berupaya maksimal untuk mengatasi kendala pada akses e-PUPNS tersebut. Beberapa langkah yang dilakukan, di antaranya dengan penambahan bandwidth, jumlah server dan tunning database. Selain itu, PNS juga disarankan memilih waktu yang tepat untuk login e-PUPNS.

Pemaparan materi dilanjutkan oleh Dita Mentari Asritanas (Biro SDM) yang membahas panduan pengisian e-PUPNS. Selama pemaparan tersebut, peserta sosialisasi saling berinteraksi dengan pemateri mengenai materi yang disampaikan dan cara-cara pengisian data e-PUPNS.

Pemateri

TANYA JAWAB