Lagi, Sidoarjo Raih Opini WTP

243

Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Sidoarjo 2014 mendapat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Itu merupakan capaian kedua Kota Delta setelah tahun lalu menerima prestasi serupa.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah menerima secara langsung penghargaan dari Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan. Dia menyatakan, reward itu merupakan bentuk keberhasilan Sidoarjo dalam mengatur keuangan daerah. Semua anggaran digunakan sesuai peruntukannya.

Saiful mengungkapkan, selain pengelolaan dan laporan yang baik, pihaknya berhasil meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Sementara itu, Kepala Bidang Akuntansi Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Sidoarjo M. Nur menjelaskan, penilaian LKPD didasarkan pada beberapa hal. Yaitu, penyusunan keuangan yang sudah sesuai standar akuntansi pemerintah yang diatur dalam Peraturan Pemerintah 71/2010.

Penilaian laporan keuangan juga berdasar pada pelaksanaan APBD. “Untuk memperoleh opini WTP, ketaatan terhadap pelaksanaan APBD harus dipegang pemerintah daerah,” terangnya. Sistem internal yang efektif pun menjadi dasar penilaian untuk pelaporan keuangan yang baik.

Penghargaan WTP merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat atas kinerja pemerintah daerah. Penghargaan tersebut juga diberikan kepada kementerian maupun lembaga negara yang mampu menyusun dan menyajikan laporan keuangan dengan baik.

[Selengkapnya …]