Knowledge Transfer Forum: Penilaian Risiko Fraud dalam Pemeriksaan Keuangan

187

3

BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan knowledge transfer forum (KTF) dengan tema Penilaian Risiko Fraud dalam Pemeriksaan Keuangan. Kegiatan ini diselenggarakan pada Jum’at, 10 Juli 2015 di Auditorium Lantai 2, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur.

KTF dibuka oleh Kepala Subauditorat Jatim II, Ali Asyhar, dan diikuti oleh 78 pemeriksa di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Hadir sebagai narasumber adalah Staf Ahli Bidang Pemeriksaan Investigatif, I Nyoman Wara.

5

4

Dalam paparannya, I Nyoman Wara menjelaskan bahwa masyarakat memiliki ekspektasi untuk mengetahui bahwa tidak ada salah kelola dalam suatu entitas pemerintahan serta tidak ada fraud (kecurangan) yang dilakukan pimpinan, karyawan, maupun pihak ketiga yang bertransaksi dengan entitas tersebut. Secara ringkas, fraud dapat terjadi karena adanya tekanan (pressure), kesempatan (opportunity), dan rasionalisasi (pembenaran).

Peserta KTF tampak antusias mengikuti kegiatan ini. Pada akhir sesi, diselenggarakan tanya jawab untuk memastikan bahwa peserta benar-benar memahami paparan materi yang telah disampaikan.

KTF BPK Jatim 2015