Peresmian Gedung Baru BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur

327

peresmian-1

Surabaya, Sabtu (17 Oktober 2009) – Pimpinan dan pegawai BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur boleh berlega hati karena setelah empat tahun sejak diresmikan di Jawa Timur akhirnya Perwakilan BPK RI terbesar di Indonesia ini memiliki gedung kantor sendiri. Jumat, 16 Oktober 2009, Ketua BPK RI Anwar Nasution meresmikan gedung baru kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur di Jl. Raya Juanda, Sidoarjo. Pembangungan gedung berlantai empat diatas tanah seluas 9.504 m2 ini dilaksanakan oleh PT. Pembangunan Perumahan (Persero) dengan nilai kontrak sebesar Rp33,8 Milyar yang dibiayai secara multiyears pada tahun anggaran 2008 dan 2009.

Peresmian gedung yang dihadiri oleh Anggota Pembina Keuangan Negara V (Angbintama V) Hasan Bisri, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Muspida Provinsi, Kepala BPKP, serta Kepala Daerah dan Ketua DPRD dari 39 entitas di Jawa Timur ini, Ketua BPK RI, menegaskan bahwa sebagai pemeriksa keuangan negara, BPK harus dapat menjadi pelopor dan suri tauladan dalam upaya penegakkan transparansi serta akuntabilitas keuangan negara. Sehingga dalam kaitannya dengan pembangunan gedung ini tidak ada praktek KKN dan dilaksanakan secara ekonomis, efisien dan efektif (spending wisely). Dalam sambutannya, Ketua BPK RI juga menjelaskan bahwa BPK telah mengupayakan pengadaan tanah dan pembangunan fasilitas gedung dan prasarana pendukungnya sesuai dengan kemampuan keuangan negara. Upaya ini adalah komitmen BPK untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kelembagaan yang mendorong pelaksanaan tugas pokok BPK di daerah lebih profesional dan independen. Untuk pimpinan dan seluruh pegawai BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Ketua BPK RI berharap agar unit kerja yang menempati gedung baru ini dapat bekerja dengan lebih baik dan semakin meningkatkan kinerjanya dalam menunjang dan mendukung tugas pokok BPK.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dalam sambutannya menyampaikan bahwa peresmian gedung baru kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur diharapkan dapat juga membawa manfaat bagi masyarakat Jawa Timur. Hal ini berkaitan dengan meningkatnya kinerja pemeriksaan yang dilakukan BPK RI dalam rangka membantu mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel yang dapat mendorong proses demokrasi di negeri ini. Gubernur juga menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang baik dengan BPK RI sehingga pengelolaan keuangan daerah di Jawa Timur menjadi lebih baik yang antara lain ditunjukan dengan meningkatnya opini Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dari Tidak Wajar menjadi Wajar Dengan Pengecualian.

Dalam sambutannya, Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Zindar Kar Marbun, melaporkan kepada segenap tamu yang hadir mengenai sejarah perwakilan di Jawa Timur mulai dari pembukaan perwakilan pada tanggal 2 Mei 2005 dengan lokasi dan kondisi kantor yang berbeda-beda hingga proses pembangunan dan peresmian gedung baru di Jl. Raya Juanda. Rangkaian acara peresmian gedung baru ini diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh Pembantu Rektor III IAIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. H. Syaiful Anam dan penandatanganan prasasti serta pemotongan tumpeng oleh Ketua BPK RI.(ftn)