Pemantauan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan Semester I 2015

100

sambutan kalan jatim ptlrhp I 2015

Sebagai langkah pemantauan terhadap rekomendasi atas hasil pemeriksaan BPK, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan pemantauan dan pembahasan tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan semester I tahun 2015. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, 15 s.d 16 Juni 2015 dan diikuti oleh para pemeriksa di BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur dan perwakilan dari 39 entitas di wilayah Jawa Timur. Seluruh kegiatan diselenggarakan di gedung BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur.

Untuk mengefektifkan kegiatan pembahasan, peserta kegiatan disebar di beberapa ruangan. Sebanyak 26 entitas melaksanakan pembahasan di auditorium dan ruang rapat lantai 2. Kemudian terdapat delapan entitas yang melakukan pembahasan di ruang rapat lantai 3. Selebihnya, sebanyak lima entitas melakukan pembahasan di ruang rapat lantai 4.

pembukaan

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Muzakkir. Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 15 tahun 2004 dan Peraturan BPK Nomor 2 tahun 2010, setiap entitas yang diperiksa BPK wajib menindaklanjuti rekomendasi dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK dan memberikan jawaban pada BPK selambat-lambatnya 60 hari setelah laporan diterima. BPK diwajibkan untuk memantau pelaksanaan tindak lanjut dari rekomendasi LHP tersebut. Salah satu tahapan pemantauan tersebut adalah penelaahan jawaban atau penjelasan tindak lanjut serta pembahasan tindak lanjut dengan pejabat dari entitas.

Berdasarkan hasil pemantauan tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan sejak tahun 2005 hingga semester II 2014, jumlah rekomendasi BPK yang telah ditindaklanjuti oleh entitas adalah sebesar 84,80% dari 18.192 rekomendasi. Pencapaian tersebut termasuk baik karena membuktikan bahwa entitas di daerah berkomitmen untuk terus meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan mereka.

Kegiatan pembahasan secara umum berlangsung dengan baik dan lancar selama dua hari hingga akhir acara.

pembahasan 1

pembahasan 2