Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-107

159

Harkitnas 107

Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-107, pada tanggal 20 Mei 2015 BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur melaksanakan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh pegawai. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-107 Tahun 2015 ini mengambil tema “Melalui Hari Kebangkitan Nasional Kita Bangkitkan Semangat Kerja Keras Mewujudkan Indonesia Maju dan Sejahtera“.

Bertindak selaku inspektur upacara, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Muzakkir. Pada kesempatan ini, inspektur upacara membacakan pidato sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Dalam sambutannya, Menkominfo menyatakan bahwasanya kebangkitan nasional merupakan masa bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran sebagai sebuah bangsa untuk memajukan diri melalui gerakan organisasi modern yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan. Proses panjang perjuangan The Founding Fathers bangsa Indonesia yang dilanjukan para pejuang lain, telah menghasilkan lahirnya bangsa besar dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang kita kenal sekarang ini.

sambutan

Meski NKRI telah lahir, perjuangan bangsa Indonesia belum berakhir. Perjuangan ini adalah abadi, untuk menuju Indonesia maju dan modern, berkeadilan, sejahtera, berdemokrasi serta bermartabat. Jika dihitung dari titik awal kebangkitan nasional tahun 1908, berarti bangsa Indonesia telah berproses lebih dari seratus tahun menjadi bangsa yang berdaulat, dan secara terus menerus bergelut dengan perubahan.

Sejalan dengan proses perubahan itu, visi misi Presiden dan wakil Presiden Jokowi-JK memasukkan pembangunan mental dan karakter bangsa sebagai salah satu prioritas utama program pembangunan pemerintahan Indonesia sekarang ini. Pembangunan karakter tidak hanya di jajaran birokrasi pemerintah, tetapi juga pada seluruh komponen masyarakat. Pembangunan karakter yang disebut dengan “revolusi mental” tersebut diharapkan akan menghasilkan sumber daya manusia Indonesia yang kreatif, inovatif, berdedikasi, disiplin, kerja keras dan taat aturan. Berhasilnya pembangunan mental dan karakter yang baik tersebut akan mewujudkan masyarakat yang tertib dan terbuka sebagai modal sosial yang positif bagi kemajuan bangsa.

Momentum Harkitnas ini juga harus mampu membangkitkan kembali nilai kebersamaan, persatuan dan kesatuan bangsa dalam menghadapi tantangan yang ada dengan menggelorakan rasa bangga dan cinta tanah air. Tidak ada bangsa yang maju tanpa perjuangan dan kerja keras. Tidak ada bangsa yang maju tanpa pengorbanan. Dan Tuhan tidak akan merubah nasib suatu bangsa, kecuali mereka berusaha merubah diri mereka masing-masing

Dalam akhir sambutannya, Menkominfo mengajak untuk memaknai peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini dengan kerja nyata yang dilandasi rasa nasionalisme yang sesungguhnya demi mewujudkan Indonesia maju dan sejahtera.

persiapan

bendera

petugas harkitnas

peserta Harkitnas