Sosialisasi ke-BPK-an dalam Rangka Company Visit Mahasiswa PPAk Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

170

DSC_9250BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Sosialisasi ke-BPK-an dalam rangka Company Visit mahasiswa PPAk Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Selasa, 27 Januari 2015. Acara yang bertempat di Auditorium Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Jawa Timur ini dibuka oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Muzakkir. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari akademisi UGM, Suparwoto dan pertukaran cinderamata antara BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur dengan UGM.

 

 

Sosialisasi ke-BPK-an dimulai dengan pemutaran iklan layanan masyarakat dan film pendek BPK berjudul “Cerita Kami” yang berkisah tentang penyalahgunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah. Selanjutnya, Kepala Sub Auditorat Jatim I, Yuan Candra Djaisin, memberikan pemaparan mengenai ke-BPK-an dengan moderator Kepala Sekretariat Perwakilan, Joko Agus Setyono.

 

DSC_9297

Yuan Candra menjelaskan tentang posisi BPK dalam ketatanegaraan Indonesia, dengan membandingkan antara BPK dengan ANAO (BPK Australia) dan KAP. Beliau menjelaskan pula tentang visi misi, nilai-nilai dasar, jenis pemeriksaan dan opini yang dikeluarkan BPK. Dalam penjelasannya, beliau mengemukakan bahwa pemberian opini BPK tidak berhubungan secara langsung dengan ada tidaknya korupsi pada instansi yang diperiksa.

 

Peserta sosialisasi dalam sesi tanya jawab

Setelah pemaparan mengenai Ke-BPK-an, peserta diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang telah disampaikan. Melalui sesi tanya jawab ini, peserta diharapkan lebih memahami kondisi riil yang dihadapi BPK terutama dikaitkan dengan tuntutan-tuntutan masyarakat. Acara sosialisasi ditutup dengan sesi foto bersama.

 

DSC_9329