Upacara Peringatan HUT BPK ke 68

156

upacara hut 68

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-68 Badan Pemeriksa Keuangan, pada tanggal 15 Januari 2015 BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur melaksanakan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh pegawai. Bertindak selaku Inspektur Upacara, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Muzakkir. Pada kesempatan ini, Inspektur upacara membacakan pidato Ketua BPK, Bapak Harry Azhar Azis.

Dalam pidato ketua yang dibacakan oleh inspektur upacara, ketua mengingatkan kepada seluruh pegawai bahwa dengan bertambahnya usia BPK dan adanya kenaikan tunjangan remunerasi dapat meningkatkan rasa tanggung jawab dan disiplin serta semangat independensi, integritas dan profesionalisme terus dijaga dan ditingkatkan dalam rangka pengabdian kepada ibu pertiwi.

BPK harus makin mengintensifkan pemantauan dan pembahasan tindak lanjut hasil pemeriksaan dengan entitas yang diperiksa. Efektifitas pemantauan dan pelaksanaan tindak lanjut dapat memberikan kontribusi bagi pengembalian kerugian negara yang cukup besar, yang pada gilirannya dapat digunakan untuk membiayai program pembangunan. Lebih lanjut, Ketua BPK menyampaikan bahwa kedepannya BPK akan memperbanyak dan mempertajam pemeriksaan kinerja guna menilai apakah kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintah adalah kebijakan publik yang sudah baik dan tepat, khususnya terhadap peningkatan kemakmuran rakyat.

Harapan peningkatan kemakmuran rakyat Indonesia dan pembangunan masih belum sepenuhnya tercapai dan salah satu penyebabnya adalah korupsi. Dengan kondisi korupsi di Indonesia yang masuk dalam kategori terkorup dan adanya hubungan timbal balik antara korupsi dan tata kelola pemerintahan maka program-program yang sudah dianggarkan untuk rakyat tidak dapat berjalan maksimal. Belum tercapainya kemakmuran rakyat mengindikasikan bahwa hingga saat ini keuangan negara belum sepenuhnya dikelola secara baik dan benar dan BPK yang mendapat amanah dari para pendiri bangsa akan sangat disalahkan jika tidak peduli dengan permasalahan tersebut. Oleh karena itu, BPK harus memberi perhatian dan prioritas dalam pemeriksaannya pada program-program yang memberikan dampak bagi peningkatan kesejahteraan rakyat. Fokus BPK pada peningkatan kemakmuran rakyat melalui hasil-hasil pemeriksaan yang dilakukan akan tertuang dalam Rencana Strategis BPK periode 2016-2020 setelah dilakukan evaluasi terhadap capaian Renstra BPK 2011-2015.

Dalam akhir sambutannya, Ketua berpesan kepada seluruh jajaran di BPK untuk selalu menjunjung tinggi independensi, integritas dan profesionalisme. BPK dapat berdiri tinggi karena menjunjung tinggi kredibilitas organisasi dan kepercayaan masyarakat.

DSC_7621

DSC_7616

DSC_7608

DSC_7568

DSC_7545