Sosialisasi ke-BPK-an dalam Rangka Kuliah Kerja Lapangan Universitas Pancasakti Tegal

225

kalan

Bertempat di Auditorium Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Jawa Timur, pada hari Rabu tanggal 19 November 2014 dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Ke-BPK-an dalam Rangka Kuliah Kerja Lapangan Universitas Pancasakti Tegal. Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Muzakkir, yang sekaligus membuka acara sosialisasi tersebut. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari dosen pendamping dari Universitas Pancasakti Tegal, Subekti.

Sosialisasi ke-BPK-an dimulai dengan pemutaran iklan layanan masyarakat dan film pendek BPK berjudul “Cerita Kami” yang berkisah tentang penyalahgunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah. Pembuatan film pendek ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat mengenai nilai-nilai dalam pengelolaan keuangan negara. Tema yang diangkat terinspirasi oleh hasil pemeriksaan BPK atas penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah.

Yuan candra

Bertindak sebagai pemateri adalah Kepala Subauditorat Jatim I, Yuan Candra Djaisin, yang didampingi oleh Kepala Sekretariat Perwakilan, Teguh yang sekaligus bertindak sebagai moderator. Pada kesempatan ini, Yuan Candra menjelaskan secara singkat mengenai keanggotaan dan organisasi BPK dan pelaksananya, tugas dan wewenang BPK serta jenis-jenis pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK. Para mahasiswa dari Universitas Pancasakti diberikan kesempatan untuk bertanya kepada pemateri diantaranya mengenai peran BPK terhadap peningkatan pelayanan publik dari instansi pemerintah yang diperiksa. Setelah sesi tanyajawab, dilanjutkan dengan pertukaran cinderamata antara BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur dengan Universitas Pancasakti dan sesi foto bersama. Dengan adanya acara ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai ke-BPK-an serta dapat menjalin sinergi yang lebih baik lagi dengan kalangan akademisi.

foto bersama

serah terima