Penyerahan LHP LKPD TA 2013

281

DSC_9841

Pada hari Kamis 28 Mei 2014, BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur melakukan penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah TA 2013 kepada dua belas entitas. Hadir dalam acara ini adalah Ketua DPRD dan Kepala Daerah dari Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Kediri, Kabupaten Gresik, Kabupaten Magetan, Kabupaten Jember, Kabupaten Jember, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kota Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo sebagai pejabat yang akan menerima LHP. Acara yang diselenggarakan di auditorium BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Jalan Raya Juanda juga dihadiri oleh para inspektur kabupaten/kota dari entitas tersebut dan pejabat struktural serta pemeriksa di lingkungan BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur.

Berdasarkan hasil pemeriksaan atas LKPD Tahun 2013 yang telah dilakukan oleh BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur pada awal semester I yang lalu, permasalahan pokok yang masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah daerah adalah masalah mengenai aset, penyusutan dan piutang , namun secara keseluruhan BPK RI melihat adanya upaya serius dari pemerintah daerah untuk terus melakukan perbaikan mengenai permasalahan tersebut. Hal tersebut diungkapkan Kalan pada saat memberikan sambutan setelah melakukan penyerahan, selain itu Kalan juga berpesan bahwa untuk kedepan pemeriksaan BPK RI akan dilakukan berbasis akrual, untuk itu Kalan mengharapkan Kabupaten/Kota untuk segera melakukan penyusunan laporan keuangan dengan berbasis akrual serta mempersiapkan segala unsur pendukung terkait SDM dan kebijakan akuntansinya.

Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Ahmad Badawi dan Walikota Surabaya Tri Risma Harini yang memberikan sambutan sebagai perwakilan dari Ketua DPRD dan Kepala Daerah yang hadir secara garis besar memberikan pernyataan yang hampir senada bahwa pada pokoknya Kabupaten/Kota untuk segera mempersiapkan segala unsur pendukung terkait  penyusunan laporan keuangan dengan berbasis akrual baik itu SDM maupun kebijakan akuntansinya.

Terhadap pencapaian penilaian pada LKPD TA 2013 yang diserahkan pada hari ini BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur memberikan opini sebagai berikut:

1.       Kota Surabaya                        : WTP dengan paragraph penjelas

2.       Kota Mojokerto                     : WDP

3.       Kabupaten Bangkalan         : WTP

4.       Kabupaten Lamongan         : WDP

5.       Kabupaten Kediri                  : WDP

6.       Kabupaten Gresik                 : WDP

7.       Kabupaten Magetan            : WDP

8.       Kabupaten Jember               : WDP

9.       Kabupaten Blitar                    : WDP

10.   Kota Blitar                                 : WTP dengan paragraft penjelas

11.   Kota Pasuruan                        : WDP

12.   Kabupaten Probolinggo      : WTP dengan paragraft penjelas