DIKLAT LABORATORIUM PENGELOLAAN DAN PEMERIKSAAN KEUANGAN DAERAH

380
Diklat Lab.LKPD Pwk Prov. Jatim
Diklat Lab.LKPD Pwk Prov. Jatim

Surabaya, selama lima hari, dari tanggal 1 s.d 5 Juni 2009, BPK RI Perwakilan Jawa Timur mengadakan Diklat Laboratorium Pengelolaan dan Pemeriksaan Keuangan Daerah bertempat di Perwakilan BPK RI Provinsi Jawa Timur Jalan Kendangsari No.45-47 Surabaya. Diklat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang memadai bagi para auditor tentang seluruh tahapan sistem pengelolaan keuangan daerah, struktur organisasi pemerintah daerah dan SKPD, peraturan perundang-undangan terkait, para pejabat kunci pada pemerintah daerah, serta kendala yang dihadapi pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan daerah. Materi diklat dilengkapi dengan praktek pemeriksaan keuangan daerah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terutama bagi auditor baru.

Pengajar materi diklat ini adalah Budi Santoso Hari Nugroho dari BPK RI Perwakilan Provinsi D.I Yogyakarta, Fatkhur Rokhman, Fauzan Yudo Wibowo dan Fonel Intania Permata dari BPK RI Perwakilan Provinsi  Jawa Timur.  Materi terbagi dalam dua sesi yaitu sistem pengelolaan keuangan daerah dan praktek pemeriksaan keuangan daerah. Materi sistem pengelolaan keuangan daerah berisi tentang struktur organisasi pemerintah daerah, prosedur perencanaan dan penganggaran, akuntansi dan pelaporan keuangan daerah yang mengacu pada perundang-undangan tentang pengelolaan keuangan daerah. Sedangkan dalam materi praktek pemeriksaan keuangan daerah diberikan latihan kasus proses pemeriksaan keuangan daerah dimana peserta dibagi dalam kelompok-kelompok tim pemeriksa. Diklat ini diikuti oleh 40 peserta yang merupakan para auditor BPK RI Perwakilan  Provinsi Jawa Timur.

Setelah mengikuti diklat ini para auditor diharapkan mampu memahami dan melakukan analisis kritis tentang proses penatausahaan keuangan daerah dan dapat mengaplikasikannya dalam pelaksanaan pemeriksaan atas keuangan daerah.(ftn)