Rakornis Perwakilan BPK RI Wilayah Barat di Perwakilan Jawa Timur

132

rakornis-kalanSidoarjo, Senin (03 Desember 2012) – Perwakilan BPK RI Provinsi Jawa Timur memperoleh kesempatan menjadi tuan rumah Diskusi Antar Perwakilan BPK RI Wilayah Barat dengan tema  “Melalui Rakornis Wilayah Barat Kita Tingkatkan Profesionalisme”yang dilaksanakan pada hari Rabu, 28 November 2012 hingga hari Jumat, 30 November 2012 di Hotel JW Marriott, Jalan Embong Malang 85-89, Surabaya. Kegiatan diskusi ini diikuti oleh 15 Kepala Perwakilan dari Perwakilan BPK RI Wilayah Barat dan para Kepala Sub Auditorat dari masing-masing perwakilan serta dihadiri oleh Anggota V BPK RI, Drs. Sapto Amal Damandari, Ak dan Auditor Utama (Tortama) Keuangan Negara V, DR. Heru Kreshna Reza.

Kepala Gugus Tugas Manajemen Pemeriksaan (GTMP), Endang Soekeksi sebagai panitia penyelenggara acara diskusi antar perwakilan menyampaikan pada kesempatan ini para Kepala Perwakilan akan membahas tiga materi yaitu implementasi penerapan materialitas dalam penetapan opini, penanganan permintaan APH untuk Penghitungan Kerugian Negara (PKN), dan penyelesaian laporan PKN dan penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP) yang akan dimintakan persetujuan kepada Anggota. Materi diskusi ini merupakan hasil dari diskusi tingkat pelaksana yang telah dilaksanakan pada tanggal 22 hingga 25 Oktober 2012 yang bertujuan untuk menyusun bahan-bahan diskusi kali ini.

Dalam sambutannya pada saat pembukaan rakornis, Tortama Keuangan Negara V,  menyampaikan bahwa core business BPK adalah hasil pemeriksaan dimana banyak prasyarat yang harus dipenuhi agar bisa hasil pemeriksaan tersebut bisa disebut berkualitas. Diantara banyak prasyarat tersebut, tiga materi yang akan dibahas pada pertemuan ini diharapkan akan menghasilkan suatu kesamaan pandangan yang kemudian akan disatukan untuk dijadikan pedoman dalam pemeriksaan.

Anggota V BPK RI, dalam sambutannya pada saat penutupan rakornis menyampaikan bahwa rakornis di Surabaya ini merupakan rakornis yang kelima untuk perwakilan wilayah barat dan menyampaikan apresiasinya kepada para kepala perwakilan yang diantara kesibukannya dapat hadir dalam acara ini. Rakornis kali ini diharapkan telah dapat menyelesaikan semua hal yang berkaitan dengan tiga materi yang menjadi pokok pembahasan pertemuan ini sehingga dapat menjadi satu draf keputusan dan pada rakornis berikutnya antara perwakilan-perwakilan wilayah barat dan perwakilan-perwakilan wilayah timur akan terjadi perubahan yang mendasar dari hasil-hasil yang diperoleh. Lebih lanjut, Anggota V BPK RI pada kesempatan ini juga berharap semua hasil rakornis dan komunikasi yang dilaksanakan selama pembahasan materi baik yang sifatnya formal dan informal dapat dijadikan kebijakan yang berharga untuk mewujudkan profesionalisme BPK RI.