BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Terima KLKI dari Universitas Tidar Magelang

50

Sidoarjo, 26 Juni 2019 – Tak lama setelah kunjungan KKL dari Universitas Dian Nuswantoro, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur kembali menerima kunjungan dari kalangan akademisi. Kali ini mahasiswa Fakultas Ekonomi dari salah satu perguruan tinggi negeri di Magelang, yaitu Universitas Tidar, datang ke Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur dalam rangka Kuliah Lapangan Kunjungan Instansi (KLKI). Rombongan KLKI berjumlah 196 orang mahasiswa yang didampingi oleh sepuluh orang dosen pendamping. Para mahasiswa yang mengikuti KLKI berasal dari program pendidikan Diploma III dan Strata I Jurusan Akuntansi.

Kedatangan mahasiswa disambut dengan office tour di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Dalam office tour, mahasiswa diajak berkeliling kompleks kantor dan mendapat penjelasan tentang sarana prasarana yang disediakan untuk menunjang aktivitas para pegawai.

Setelah office tour, para mahasiswa memasuki Ruang Auditorium untuk memperoleh materi tentang ke-BPK-an. Sebelum mahasiswa menyimak materi ke-BPK-an, Kepala Perwakilan Harry Purwaka menyampaikan ucapan selamat datang dan menyambut baik kegiatan KLKI yang dilaksanakan oleh Universitas Tidar ke Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Selain memperkenalkan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur secara singkat, Kepala Perwakilan juga mendorong para mahasiswa untuk terus berprestasi dan menjadikan profesi sebagai pemeriksa BPK sebagai salah satu pilihan dalam berkarir selepas lulus kuliah.

Sementara itu, materi yang dikemas dalam Sosialisasi Ke-BPK-an dibawakan oleh Ketua Tim Senior Esti Apri Larasati sebagai narasumber dan Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Siti Rahmawati Arifah sebagai moderator. Dalam pemaparannya, narasumber menjelaskan materi ke-BPK-an secara detail sehingga diharapkan para mahasiswa dapat memahami tentang BPK secara baik. Setelah penyampaian materi, moderator memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk bertanya jawab dengan narasumber terkait dengan materi yang sudah disampaikan.

Pimpinan dosen pendamping KLKI sekaligus Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Ekonomi Universitas Tidar Nuwun Priyono menyampaikan apresiasinya atas sambutan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur terhadap para mahasiswa. “Saya berharap kerjasama BPK dengan kalangan akademisi dapat terus ditingkatkan pada masa mendatang,” kata Nuwun.

Sementara itu, salah satu mahasiswi Universitas Tidar Rika Silvianingsih mengungkapkan bahwa penyampaian materi Ke-BPK-an telah membantu dirinya memahami seluk beluk dunia kerja di BPK. “Terima kasih kepada BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur yang telah menyelenggarakan Sosialisasi Ke-BPK-an kepada kami, civitas akademika Universitas Tidar Magelang,” tutupnya.