Pemkot Batu Kebut Perbaikan 9 Ruas Jalan Sebelum Lebaran

33

Memasuki bulan puasa Ramadhan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (DPUPR) Kota Batu justru harus memacu pelaksanaan perbaikan jalan di Kota Wisata ini. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan pada musim mudik Hari Raya Idul Fitri nanti.

Tercatat ada 9 ruas jalan menjadi target prioritas untuk segera dilakukan perbaikan. Prioritas diberikan karena 9 jalan tersebut merupakan jalan produktif di Kota Batu.

Kepala Bidang Bina Marga di DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat mengatakan bahwa 9 jalan yang menjadi prioritas perbaikan antara lain Jalan Samadi, Jalan Sidomulyo – Gunungsari, Jalan Cemara Kipas, Jalan Junrejo – Dau, Jalan Junrejo – Tlekung, ruas jalan Kartika, Jalan Metro, Jalan Pendem – Ampeldento dan jalan dekat Sekarputih – Kalimalang.

“Selain statusnya sebagai jalan produktif, kesembilan jalan ini juga merupakan ruas jalan penghubung antar wilayah, penghubung jalan wisata yang semuanya punya peran untuk mengurai kemacetan yang mungkin terjadi,” ujar Alfi, Senin (6/5).

Dan karena peran penting dari jalan tersebut maka proses perbaikan atau pemeliharaan jalan ini menjadi prioritas yang harus dilaksanakan. Jika tidak ada permasalahan dengan proses lelang proyek, dijadwalkan sebelum Hari Raya Idul Fitri, kondisi 9 ruas jalan tersebut sudah mulus dan siap menampung ribuan kendaraan pemudik dan wisatawan.

“Sembilan ruas jalan ini menjadi prioritas pembangunan yang harus kita selesaikan sebelum Hari Raya, karena ruas jalan ini merupakan ruas jalan penghubung antar wilayah,” tambah Alfi.

Dalam data di DPUPR Batu, 9 ruas jalan produktif yang harus diperbaiki ini memiliki panjang 30 kilometer. Adapun angggaran yang akan digunakan berasal Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 sebesar kurang lebih Rp 30 miliar.

[Selengkapnya …]