Desa di Gresik Belum Cairkan Anggaran Pilkades

53

Peraturan bupati tentang pemilihan kepala desa serentak di 263 desa sudah turun. Tahap-tahapnya sudah disusun. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Gresik akan mendata jumlah pemilih. Belum ada desa yang mengajukan anggaran.

Sekretaris Dinas PMD Gatot Subroto mengatakan, instansinya sudah membentuk panitia di tingkat kecamatan dan desa. Mei ini tahap selanjutnya ialah mendata daftar pemilih tetap.

Dinas PMD masih menunggu terbitnya perbup tentang pencairan anggaran. Jadi, hingga saat ini, belum ada desa yang mengajukan anggaran pilkades. “Belum ada. Ini pendataan pemilih sampai akhir Mei,” ujarnya. Selain itu, belum semua kepala desa menyelesaikan laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran.

Pelantikan anggota badan permusyawaratan desa juga memperlancar persiapan pelaksanaan pilkades serentak nanti. “Setelah dilantiknya BPD ini, kami harap mereka segera mengajukan anggaran,” terangnya.

Untuk melaksanakan pilkades serentak, Dinas PMD menganggarkan Rp 18 miliar. Pilkades serentak di 263 desa membutuhkan anggaran tidak sedikit.

[Selengkapnya …]