BPK RI Perwakilan Jawa Timur Gelar Sertijab Kepala Perwakilan

153

sertijab-kalan-2012-2Sidoarjo, Kamis (04 Oktober 2012) – BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur hari ini menyelenggarakan acara serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Perwakilan. Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Jawa Timur yang sebelumnya dijabat oleh DR.Heru Kreshna Reza, pada hari ini diserah terimakan kepada Drs.Muzakkir berdasarkan Keputusan Sekretaris Jenderal BPK RI Nomor 135/K/X-X.3/06/2012 tanggal 20 Juni 2012 tentang Pengangkatan, Pemindahan  dan Pemberhentian Dalam dan Dari Jabatan Struktural Eselon II pada Pelaksana Badan Pemeriksa Keuangan. Sebelumnya Drs. Muzakkir  menjabat sebagai Kepala Auditorat V.A  pada Auditorat Utama Keuangan Negara V dan DR. Heru Kreshna Reza berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 62/M Tahun 2012 tanggal 24 Mei 2012 diangkat dalam jabatan struktural Eselon I sebagai Auditor Utama Keuangan Negara V (Tortama AKN V) Badan Pemeriksa Keuangan.

Acara yang diselenggarakan di kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Jalan Raya Juanda, Sidoarjo ini dihadiri oleh Anggota V BPK RI, Drs. Sapto Amal Damandari, Ak., Inspektur Utama (Itama) BPK RI, DR. Mahendro Sumardjo, para Kepala Daerah, Pimpinan DPRD, Inspektorat Daerah se-Provinsi Jawa Timur dan para anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Jawa Timur. rangkaian acara pada sertijab ini antara lain adalah Pembacaan Keputusan Sekretaris Jenderal BPK RI, Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan yang disaksikan oleh Anggota V BPK RI dan Itama BPK RI, penyerahan Memori Jabatan Akhir dari Kepala perwakilan lama kepada Kepala Perwakilan baru dan diakhiri dengan acara ramah tamah.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur, DR.H.Soekarwo menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPK karena seluruh masyarakat Jawa Timur dan Forum Pimpinan Daerah Jawa Timur saat ini merasakan manfaat kerjasama dengan BPK dimana dari 39 pemerintah daerah di Jawa Timur pada pemeriksaan TA 2010 memperoleh enam opini WTP meningkat menjadi 11 opini WTP untuk pemeriksaan TA 2011. Peningkatan opini WTP ini merupakan satu proses akuntabilitas yang sangat penting dalam pengelolaan keuangan daerah dan menjadikan masyarakat semakin percaya terhadap demokrasi. Lebih lanjut Gubernur Jawa Timur menyampaikan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat internasional, masyarakat pengusaha dan seluruh masyarakat yang berhubungan dengan pemerintah daerah semakin meningkat karena hasil penilaian BPK tentang kinerja keuangan pemerintah daerah. Kinerja keuangan merupakan darah dan pemerintah daerah merupakan tulang belakang dari pembangunan dan BPK berperan dalam menyambung kedua hal tersebut agar pemerintah daerah selalu dapat melaksanakan belanja dan pengelolaan keuangan dengan baik. Selain itu juga disampaikan bahwa hasil pemeriksaan BPK dapat menstimulasi pembangunan dengan baik ditiap daerah, menjadikan politik semakin dewasa dan menjadikan kompetensi kepala daerah dalam mengelola keuangan daerah hal yang penting daripada sekedar popularitas.

Acara serah terima ini kemudian dilanjutkan dengan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan Dharma Persatuan BPK RI Perwakilan Jawa Timur dari Ibu Nuraida Hidayati Heru kepada Ibu Siti Umami Muzakkir dan Pengarahan Anggota V BPK RI kepada seluruh pegawai BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur di Auditorium Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur.