BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Terima Kunjungan SMK Negeri 1 Depok Sleman

42

Sidoarjo, 5 Maret 2019 – Kepala Perwakilan Provinsi Jawa Timur Harry Purwaka mendorong para siswa untuk semangat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan modal pendidikan dan keahlian, kesempatan untuk bersaing di dunia kerja akan terbuka lebar, termasuk di BPK.

Kerja di BPK, menurut Kepala Perwakilan, cukup menarik. Dalam menjalankan pekerjaannya, pemeriksa BPK mendapat kesempatan bertemu dengan banyak orang, berbagai permasalahan, bahkan bisa mengunjungi tempat-tempat yang menarik.

Hal itu disampaikan Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur saat membuka acara Sosialisasi Ke-BPK-an yang diselenggarakan dalam rangka menyambut kunjungan industri dari SMK Negeri 1 Depok Sleman, Yogyakarta. Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan menyatakan bahwa kunjungan industri merupakan kesempatan yang baik untuk memperkenalkan BPK kepada kalangan akademisi, khususnya para siswa. “Sebagai BPK Perwakilan terbesar dengan 39 entitas yang diperiksa, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur mempunyai tugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan seluruh pemerintah daerah di wilayah Jawa Timur,” jelas Kepala Perwakilan.

Rombongan akademisi SMK Negeri 1 Depok Sleman, yang terdiri dari 5 orang guru pendamping dan 96 siswa kelas XI jurusan Akuntansi, diterima di Ruang Auditorium Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Selain penyambutan oleh Kepala Perwakilan, para siswa disuguhi pemutaran film pendek seputar pemeriksaan keuangan negara yang tampil sebagai pemenang dalam Festival Film Kawal Harta Negara Tahun 2018.

Materi sosialisasi tentang Ke-BPK-an dibawakan oleh Kepala Subauditorat Jawa Timur II Rusdiyanto sebagai narasumber dan dimoderatori oleh Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Siti Rahmawati Arifah. Dalam pemaparannya, Kepala Subauditorat Jawa Timur II menyampaikan beberapa hal seputar kelembagaan BPK, sistem kerja BPK, Majelis Kehormatan Kode Etik (MKKE), pemantauan tindak lanjut pemeriksaan, serta keterbukaan informasi di BPK. Selain menyampaikan materi, Kepala Subauditorat Jawa Timur II beberapa kali melontarkan pertanyaan untuk menguji pemahaman para siswa atas materi yang disampaikan.

Melalui materi Sosialisasi Ke-BPK-an, para siswa dan tenaga pendidik diharapkan dapat mengenal kelembagaan BPK serta tugas dan fungsinya. Sebagai bentuk apresiasi kepada para siswa, panitia sosialisasi memberikan doorprize kepada beberapa peserta yang dinilai aktif mengikuti jalannya sosialisasi. Pada akhir acara, peserta kunjungan industri berfoto bersama pejabat BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur.