UNBK SMP di Sidoarjo Kekurangan 1.499 Komputer

56

Persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMP di Sidoarjo ternyata masih kekurangan sekitar 1.499 unit komputer. Kekurangan tersebut terungkap saat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo melakukan hearing dengan unsur Pimpinan Komisi D DPRD Kabupaten Sidoarjo sekitar 2 jam lamanya.

Dalam dengar pendapat yang dipimpin langsung Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo, Usman didampingi anggotanya Bangun Winarso dan Bambang Riyoko tersebut melihat kesiapan Dikbud Sidoarjo, salah satunya kekurangan unit komputer untuk UNBK.

Data yang tercatat di Dikbud Sidoarjo, saat ini terdapat 5.144 unit komputer. Sedangkan kebutuhan komputer untuk UNBK adalah 6.643 unit. Hal ini menunjukkan jika ada kekurangan 1.499 unit komputer, meski pelaksanaan UNBK tinggal dua bulan lagi. Sementara jumlah siswa dan siswi yang akan mengikuti UNBK Tahun 2019 ada sebanyak 14.202 siswa.

“Memang untuk sarana komputer pendukung UNBK masih kurang Kami belum bisa mencukupi kebutuhannya secara keseluruhan. Tetapi kami siap melaksanakan UNBK Tahun 2019,” terang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkab Sidoarjo, Drs. Ec Asrofi MM, Rabu (20/2).

Lebih jauh, mantan Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Sidoarjo ini juga menjelaskan, karena kekurangan komputer itu, UNBK bakal digelar menjadi 2 sesi. Menurutnya, untuk memenuhi seluruh kebutuhan komputer dalam pelaksanaan 2 sesi UNBK bisa digelar. Akan tetapi, jika langkah itu yang diambil maka resiko perhitungan dana untuk pemeliharaan komputer nilainya bakal jauh lebih besar. “Karena itu, saat ini bagi dinas kami kebutuhan komputer yang ada sudah cukup. Yang penting pelaksanaan UNBK bisa berjalan lancar dan aman,” katanya.

Sementara Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo, Usman menegaskan hearing ini untuk mengetahui sejauhmana kesiapan Dikbud Sidoarjo dalam menyambut UNBK. Selain itu, juga melihat kesiapan pelaksanaan PPDB Tahun 2019.

“Soal kekurangan sarana komputer dalam UNBK, pada Tahun 2019 ini sudah disiapkan anggaran untuk pengadaan 1.350 unit komputer. Agar kebutuhan komputer untuk UNBK 2019 bisa terpenuhi meski masih ada sekolah yang harus menggelar UNBK dalam 3 sesi ujian, “jelasnya.

[Selengkapnya …]