Ratusan Ruas Jalan Kabupaten Sampang Tak Ada SK Bupati

77

Ratusan ruas jalan Kabupaten Sampang hingga saat ini belum memiliki surat keputusan (SK) Bupati. Pasalnya, proses pengajuan SK tersebut Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sampang melakukan penyusunan sistem informasi database jalan dan jembatan Kabupaten Sampang.

Penyusunan sistem informasi database jalan dan jembatan Kabupaten Sampang, sudah dilakukan tahun anggaran 2018 dengan nilai kontrak Rp. 382.085.0000, dengan konsultan pelaksana CV Lugadika Elka Sukma, asal Malang, Jawa Timur.

U. Triwibowo selaku Kabid Tata Ruang dan sekaligus pejabat pembuat komitmen (PPK) di DPUPR Sampang, menjelaskan, dilaksanakannya kegiatan penyusunan sistem informasi database jalan dan jembatan Kabupaten Sampang ini sebagai dasar untuk pembuatan SK Bupati terhadap ruas jalan dan jembatan di Kabupaten Sampang, Kamis (31/1/19).

“Sebab, selama ini ruas jalan dan jembatan Kabupaten Sampang belum memiliki SK Bupati, terkait kegiatan penyusunan sistem informasi database jalan dan jembatan Kabupaten Sampang, itu sudah melalui lelang dan sudah selesai 100 persen. Kalau kemudian ada sebagian pihak mempertanyakan obyektifitas hasil produk konsultan, hal itu bisa diuji dan akan dijelaskan langsung oleh pihak konsultan,” terang Triwibowo.

Menurut Triwibowo, dari hasil pengelolaan database jalan dan jembatan kabupaten ada penurunan dibanding data kami. Kalau jalan kabupaten awalnya sebanyak 420, ruas jalan turun menjadi 380 ruas jalan, sedangkan untuk jembatan kami masih belum menghitung berapa angka riilnya.

Sementara Mansur, salah satu konsultan di Kabupaten Sampang, mengatakan, bagaimana mungkin sekelas Kabid atau PPK penanggungjawab kegiatan data ruas jalan dan jembatan tidak bisa menjelaskan secara detail.

“Kami berharap kegiatan penyusunan sistem informasi database jalan dan jembatan Kabupaten Sampang yang dikontraktualkan tersebut, benar-benar obyektif dan bisa dipertanggungjawabkan, karena data tersebut akan menjadi acuan Bupati Sampang yang baru dilantik, jika bicara arah pembangunan jalan dan jembatan kabupaten,” pungkasnya.

[Selengkapnya …]