72 Tahun BPK RI, Ketua BPK RI Tekankan Perkuat Semangat Persaudaraan Antar Insan BPK

124

Sidoarjo, 21 Januari 2019 – Dalam pidato yang disampaikan pada Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) BPK RI ke-72, Ketua BPK RI Moermahadi Soerja Djanegara menyatakan bahwa semangat persaudaraan dan kekeluargaan antar insan BPK merupakan energi yang besar. Semangat ini harus dikuatkan dengan sinergi setiap unit kerja agar BPK semakin berprestasi dalam mewujudkan pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat. Pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat akan berdampak positif bagi level kematangan organisasi BPK agar meningkat dari level oversight menuju level insight atau foresight.

Selain itu, Ketua BPK RI juga menghimbau kepada seluruh pegawai BPK untuk memegang teguh independensi, integritas, dan profesionalisme dengan tetap menjaga semangat kekeluargaan sehingga dapat menjaga kepercayaan rakyat kepada BPK. “Berbagai cobaan yang kita alami selama satu tahun lalu memberikan pelajaran agar kita semakin erat menjaga kekeluargaan dengan sesama insan BPK, karena dengan rasa kekeluargaan inilah kita akan teguh menghadapi cobaan serta menguatkan kita dalam menjalankan tugas mulia BPK,” kata Ketua BPK RI, sebagaimana dibacakan oleh inspektur upacara.

Upacara bendera ini merupakan puncak dari rangkaian perayaan HUT BPK RI ke-72 di BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Di tengah hangatnya mentari pagi, seluruh pegawai mengikuti upacara dengan tertib dan khidmat di halaman depan Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Upacara kali ini dipimpin langsung oleh Kepala Perwakilan Provinsi Jawa Timur Harry Purwaka sebagai inspektur upacara, sedangkan Pengendali Teknis Rusdiyanto bertugas sebagai komandan upacara.

Dalam upacara bendera kali ini, selain pembacaan naskah-naskah upacara, juga dibacakan selintas sejarah BPK serta penampilan grup paduan suara BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur yang membawakan lagu hymne dan mars BPK. Selain itu, sebagai apresiasi kepada aparatur sipil negara (ASN) yang telah mengabdi selama 10 tahun, Kepala Perwakilan menyematkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya X Tahun kepada 15 orang pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Kelimabelas pegawai itu dianugerahi tanda kehormatan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 1/TK/Tahun 2019 tanggal 9 Januari 2019 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya.

Pada akhir upacara bendera, Kepala Perwakilan menyerahkan piagam penghargaan BPK RI kepada tim pemeriksa Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Pamekasan TA 2016 yang meraih predikat tim terbaik ketiga dalam Penilaian Kualitas LHP LK Tahun 2018 – Satker Perwakilan. Upacara bendera ditutup dengan foto bersama seluruh pegawai dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Perwakilan serta penyerahan hadiah perlombaan HUT BPK RI ke-72 kepada para pemenang lomba.